Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Unpad Buka Peluang Putra Jabar Menuntut Ilmu di Unpad

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Unpad-Buka-Peluang-Putra-Jabar-Menuntut-Ilmu-di-Unpad.jpg

     

    BANDUNG- Guna meningkatkan jumlah mahasiswa asal Jawa Barat yang kuliah di Universitas Padjadjaran (Unpad), mulai Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) angkatan 2013 program Sarjana, Unpad telah mengembangkan kebijakan affirmative action bagi putra-putri asal Jawa Barat untuk dapat menuntut ilmu di perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Jabar.
     
    Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia mengatakan, Unpad lahir, tumbuh, dan berkembang antara lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jabar atas kebutuhan pendidikan tinggi, tidak salahnya Unpad memberikan kemudahan bagi warga Jabar yang ingin kuliah di Unpad.
     
    “Unpad memiliki 42 program studi sarjana, oleh karena itu kita mempertimbangkan setiap prodi minimal terdapat dua anak daerah Jabar, maka minimal akan ada 84 orang dari setiap kota/kabupaten di Jawa Barat yang akan berkuliah di Unpad,” ujar
     
    Menurut Ganjar, atas kebijakan tersebut maka pada SNMPTN 2013 mendatang kurang lebih akan ada 2.100 kursi yang dipersiapkan bagi putra daerah asal Jabar dan 900 diantaranya melalui program Bidik Misi.
     
    “Ini dilakukan agar keberadaan Unpad dapat lebih terasa di tengah masyarakat Jabar, karena selama ini hanya 49% saja mahasiswa asal Jabar yang berkuliah di Unpad, dan dari jumlah tersebut, 80% merupakan mahasiswa asal Bandung,” tuturnya.
     
    Ganjar menambahkan, melalui sistem ini  nantinya para calon mahasiswa baru asal daerah Jabar akan bersaing dengan calon mahasiswa yang berasal dari kabupaten/kotanya sendiri untuk memenuhi kuota khusus tersebut.
     
    “Dengan sistem mereka akan bersaing bukan antar kabupaten, tetapi dalam kota/kabupaten itu sendir,” ucap Ganjar. (Parno)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus