Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    23 Kecamatan Di Karawang Terendam Banjir

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Rakor-Banjir-Gubernur-se-Bakorwil-II-Purwakarta.jpg

    KARAWANG-Dalam kesempatan Rakor Penanganan Banjir se-Wilayah II di Kab Karawang, Senin (21/01) Sekretaris Dearah Kabupaten Karawang, Ir. H. Iman Sumantri memaparkan,  bahwa untuk wilayah Propinsi Jawa Barat, Kabupaten Karawang adalah daerah yang terluas di genangi banjir.

    Sebanyak 23 dari 30 kecamatan di Kabupaten Karawang terendam banjir, meliputi 90 desa/kelurahan, 23.660 rumah penduduk, 30.349 KK, dan 103.651 jiwa. Tidak hanya harta benda, bencana banjir juga telah menyebabkan 4 (empat) orang korban jiwa, yaitu bayi Karsih yang baru berusia 5 hari, Asep 12 tahun, Sanan 61 tahun, dan Oneng 72 tahun. Tidak hanya itu, banjir telah menggenangi lahan sawah masyarakat di 21 kecamatan seluas 52 ribu hektar dengan ketinggian air 30-150 cm. Sawah ini sudah tergenang air  selama 2-6 hari. Ini artinya 1/5 areal sawah di Jawa Barat sudah terendam banjir, maka akan mempengaruhi produksi beras di Jawa Barat, dan akhirnya akan berdampak pada produksi beras nasional.

    Untuk ketersediaan logistik korban banjir, Pemda Karawang memiliki stok beras sebanyak 51 ribu ton dan 35 ribu ton diantaranya sudah didistribusikan ke seluruh korban banjir dan saat ini stok hanya tinggal 16 ribu ton. Sekretaris Daerah memperkirakan sisa stok beras yang tersedia saat ini tidak akan mencukupi kebutuhan korban banjir di beberapa hari yang akan datang. Untuk itu diharapkan bantuan sumbangan dari seluruh pihak. Tidak hanya ketersediaan beras, korban banjir di Kabupaten Karawang juga memerlukan makanan pendamping seperti telur, mie instan, sarden, dll. Disamping itu, kebutuhan yang paling mendesak adalah ketersediaan perahu karet dan pelayanan kesehatan/obat-obatan karena banyak korban banjir yang mulai terserang penyakit gatal, demam, ISPA, dan diare.

    Bupati Karawang berharap dengan dilaksanakannya Rapat Koordinasi ini dapat memberikan solusi atas segala permasalahan dalam penanggulangan bencana banjir yang terjadi.
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus