Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Solusi Penanganan Banjir Bikin Embung-Embung

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_4538.jpg

    BANDUNG-Wagub Jabar, H. Dede Yusuf dalam keterangannya di Rumah Dinas di Kawasan Jalan Dago Kota Bandung (23/1) mengungkapkan
    Salah satu solusi yang bisa disiapkan menyikapai bencana banjir adalah membuat embung-embung, yaitu area sejenis waduk mini. Untuk membangun sarana tersebut hanya membutuhkan area tanah dengan kisaran 2 Ha sehingga untuk membangun sarana tersebut tidak membutuhkan waktu lama untuk pembebasan lahan.

    Kehadiran embung-embung dalam mengatasi persoalan banjir, harus dibuat di beberapa titik, dan untuk membangun sarana tersebut sangat dimungkinkan di beberapa tempat karena lahan yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit.

    Embung-embung dapat digunakan multi fungsi, dari sisi ekonomi ketika cuaca stabil dapat dipergunakan untuk budi daya ikan tawar. Sedangkan ketika musim kemarau dapat dipergunakan untuk konservasi air karena dapat difungsikan untuk menampung air melimpah tatkala musim penghujan dan air itu selanjutnya dapat dipergunakan ketika musim kemarau yang kerapkali terjadi kekurangan air seperti di Karawang, Subang, Bekasi dan Indramayu.
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus