Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Penanganan Sungai Citarum Perlu Partisipasi Lintas Stakeholder

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/ARY_1107WEB-(1).jpg

    BANDUNG-Penanganan Sungai Citarum, hingga saat ini terus dilakukan. Tujuannya melalui penanganan tersebut Sungai Citarum dapat bersih. Agar program tersebut dapat optimal dibutuhkan partisipasi dari masyarakat, dalam arti tidak hanya terbatas dilaksanakan oleh pemerintah, papar Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan dalam sambutan pelantikan Forum DAS Citarum, bertempat di Aula Barat Gedung Sate (6/2).
     
    Gubernur menuturkan, melalui pembentukkan forum DAS Citarum diharapkan dapat terbangun sinergitas penanganan Sungai Citarum sehingga sungai tersebut bisa bersih terbebas dari pencemaran. Melalui forum tersebut juga diharapkan dapat terjadi percepatan kondisi Sungai Citarum yang bersih.
     
    Gerakan menata Sungai Citarum menuju Sungai Citarum bersih diharapkan menyentuh seluruh area Sungai Citarum, mulai dari Sungai Cisanti hingga Sungai Muara Gembong. Untuk mewujudkan penanganan Sungai Citarum secara keseluruhan dibutuhkan kerjasama lintas komponen masyarakat, jelas Gubernur.
     
    Menurut Gubernur,  jumlah DAS  di Jabar mencapai  40 DAS. Sungai  Citarum adalah satu dari enam DAS utama di Jabar dan paling menderita,  padahal Citarum sangat memengaruhi kehidupan Jabar, DKI Jakarta, dan Nasional, ujar Gubernur.

    Melalui Sungai  Citarum, pengairan untuk pertanian sangat dirasakan manfaatnya. Oleh karenanya diperlukan  perbaikan agar Citarum yang sudah rusak tidak makin rusak. Kedepan, diharapkan forum tersebut diisi banyak pihak dan mengajak stakeholder lainnya untuk ikut bersama, demikian Gubernur.
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus