Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kenaikan Harga Sembako Himpit Masyarakat Bandung

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_fb-5676.gif

    BANDUNG – Seperti yang kita ketahui, sembilan bahan pokok merupakan kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi dalam rumah tangga. Namun, saat ini harga sembako terus beranjak naik dan membuat masyarakat dan penjual resah. Seperti contoh di Pasar Cihapit, harga sayuran wortel yang dulunya hanya Rp 3.000,-/kg sekarang telah menjadi Rp 10.000,-/kg. Harga telur ayam yang dahulu sekitar Rp15.000,-/kg sekarang telah naik menjadi Rp18.000,-/kg. Minyak curah seharga Rp10.000,-/kantong dan Rp11.000,-/kantong untuk minyak curah jernih. Untuk harga garam berbeda-beda sesuai dengan mereknya, namun harga masih disekitaran Rp1.000,- s/d Rp4.000,- perbungkusnya.

    Kenaikan harga juga terjadi pada gula, susu dan sayur-mayur lainnya. Menurut pengakuan Agus pemilik toko, harga sayur naik dikarenakan musim hujan yang membuat beberapa petani sayur gagal panen. Barang-barang kebutuhan ini Agus dan pedagang lainnya ambil dari pasar Andir setiap pagi pukul 04.00 setiap harinya. Untuk beras, di pasar cihapit masyarakat banyak membeli beras dengan merek ojolele yang perkilonya dikenakan harga Rp13.000,-. Menurut pengakuan Irna, pembeli di pasar cihapit meruapakan kalangan menengah keatas, sehingga tidak mengeluh dalam membeli beras.

    Berbeda dengan pasar lainnya, seperti contoh di Pasar Cihaurgeulis, toko beras milik Rahman tidak menjual beras jenis ojolele dikarenakan masyarakat disekitaran Pasar Cihaurgeulis tidak mampu membelinya. Begitu juga dengan sembako lainnya, di Pasar Cihaurgeulis, harga jauh lebih murah daripada di Pasar Cihapit. Seperti contoh harga cabe besar di Pasar Cihapit sekitaran Rp35.000,-/kg namun di Pasar Cihaeurgeulis cukup dengan harga Rp26.000,-/kg masyarakat sudah dapat membeli cabe besar dengan kualitas yang sama.
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus