Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kusta Dapat Disembuhkan, Hilangkan Stigma Terhadap Penderitanya

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Kusta-Dapat-Disembuhkan,-Hilangkan-Stigma-Terhadap-Penderitanya.jpg

     

    BANDUNG – Penyakit Kusta atau Lepra dapat disembuhkan, dan sebaiknya hilangkan stigma dan diskriminasi terhadap penderita Kusta. Hal itu diungkapkan dr Corrie Kutika, M. Kes, Cosultan NLR untuk Jawa Barat, pada acara sosialiasi Kusta Dinas Kesehatan Jawa Barat di Lembang, Selasa (19/2). Menurut Corrie, penghapusan stigma akan mempercepat proses penyembuhan dan membantu penderita Kusta untuk terbuka pada orang lain.
     
    “Stigma itu harus dihapuskan, karena buktinya Kusta dapat disembuhkan, dan tidak menular jika sudah diobati” ujar Corrie.
     
    dr. Corrie juga meminta agar masyarakat mengetahui sejak dini gejala-gejala peyakit Kusta, agar pengobatan bisa segera dilakukan.
     
    “Ada tiga gejala dini yaitu, bercak merah atau putih pada kulit namun tidak berasa atau tidak menimbulkan gangguan sakit atau gatal-gatal alias mati rasa, kedua terjadi pembengkakan pada syaraf tepi disertai gangguan fungsi. Jika hal itu terjadi pada seseorang, cepat berobat, dan dapat disembuhkan dalam kurun waktu tertentu” katanya.
     
    Dalam kesempatan yang sama, Prject Leader NLR di Dinas Kesehatan Jabar Agus Solihin mengatakan, Jabar menargetkan penurunan resiko kecacatan akibat Kusta hingga 35% sampai tahun 2015 mendatang.
     
    “Mereka yang terlambat ditangani kemungkinan besar akan menerima resiko kecacatan. Oleh karena itu kita menargetkan menurukan resiko kecacatan itu hingga 35 persen hingga 2015 mendatang. Salah satu faktor penentunya adalah partisipasi masyarakat untuk melaporkan jika ada penderita Kusta di keluarganya atau di tempat tinggalnya” ujar Agus.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus