Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sebanyak 30 Barista Adu Kemampuan di Ajang IBC 2013

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Sebanyak-30-Barista-Adu-Kemampuan-di-Ajang-IBC-2013.jpg

     

    BANDUNG- Sebanyak 30 Barista atau peracik kota yang berasal dari Bandung dan sekitarnya, mengikuti Indonesia Barista Competition (IBC) 2013 yang digelar di Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, mulai hari ini, Rabu (06/03) hingga Jumat (08/03) Maret 2013.
     
    Ketua Panitia IBC 2013, Veronica Herlina mengatakan, mereka bersaing untuk menjadi tiga besar dan berhak mengikuti ajang seruma untuk tingkat nasional.
     
    “Dari 30 peserta ini akan diambil 12 peserta untuk masuk ke babak 5 besar yang akan berlangsung besok untuk selanjutnya mewakili regional Bandung mengikuti Grand Final tingkat nasional pada 10-13 April 2013,” ujarnya.
     
    Menurut Veronica, dihadapan para juri, para peserta diberi waktu selama 15 menit untuk membuat  tiga racikan kopi, masing-masing 4 gelas untuk espresso, capucinno dan signature.
     
    “Dalam membuat racikan tersebut, tim juri akan focus di 4 penilaian, yaitu rasa kopi yang disajikan, teknik pengerjaan pengetahuan tentang kopi dan kebersihan secara keseluruhan,” ucap Veronica.
     
    Veronica mengatakan, 3 pemenang untuk tingkat nasional akan dikirim untuk mewakili Indonesia di ajang serupa untuk tingkat ASEAN, Asia Pasifik dan tingkat dunia.
     
    “Pemenang pertama akan di ikutkan dalam World Barista Championship di Australia pada Mei 2013, juara 2 mengikuti Barista Challange Asia Pasifik di Singapura pada April dan juara 3 akan mengikuti Asean Barista Competition di Thailan pada November 2013,” tuturnya.   
     
    Veronica mengatakan, ajang dua tahunan yang di ikuti para peserta yang berasal dari perwakilan hotel, café, mahasiswa maupun perorangan, diharapkan akan mampu meningkatkan profesi Barista yang saat ini masih dianggap pekerjaan biasa.
     
    “Dengan ajang ini, kedepan profesi Barista bisa menjadi pekerjaan yang mumpuni dan tidak dipandang sebelah mata,” katanya. (Parno)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus