Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    PT Jamkrida Jabar Untuk Bantu KUMKM

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_1221.jpg

    BANDUNG-  Pemerintah provinsi Jawa Barat secara resmi meluncurkan perusahaan penjaminan kredit daerah, PT Jamkrida Jabar. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) baru ini diharapkan menjadi solusi bagi Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) serta masyarakat Jabar.

    Grand Opening perusahaan ini dilakukan oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan bersama Ketua DPRD Jabar Irfan Suryanegara. Dihadiri sejunlah pejabat Kabupaten/Kota se-Jabar.  Acara ini juga dihadiri perwakilan Kementerian Keuangan, Kementerian KUMKM dan Bank Indonesia di Hotel Hilton Bandung, Kamis (11/4/2013).

    Direktur Utama PT Jamkrida Jabar H.M Syahrul Davi mengatakan perusahaan ini didirikan karena besarnya potensi kegiatan dunia usaha di Jabar. Saat ini tercatat jumlah koperasi di Jabar sebanyak 22.912 unit, dengan anggota sebanyak 4.576.978 unit. Sedangkan jumlah UMKM tercatat 8,2 juta unit dan angka tersebut merupakan 99.98% seluruh pelaku ekonomi di Jabar.

    "Dari kegiatan usaha tersebut, KUMKM memberikan kontribusi terhadap PDRB tanpa migas sebesar 60,86%. Sedangkan dari jumlah tenaga kerja, sebanyak 15 juta orang mampu terserap di sektor ini. Namun demikian KUMKM masih kesulitan mendapatkan akses permodalan karena tidak mampu memenuhi kriteria kredit dari lembaga keuangan resmi seperti perbankan. Pasalnya, para pelaku sering tidak memiliki izin usaha resmi dan agunan."

    Melihat kondisi itu, katanya, PT Jamkrida mendapatkan amanah untuk membantu memberikan solusi permasalahan yang diuhadapi KUMKM. Hal itu dinilai penting demi meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

    PT Jamkrida Jabar yang berdiri berdasarkan Peraturan Daerah No.9/2011 ini bertujuan memberikan jasa penjamin kredit kepada KUMKM. Selain itu, BUMD ini juga diharapkan bisa meningkatkan kegiatan ekonomi dan memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

    Demi melaksanakan tujuan tersebut, PT Jamkrida Jabar memiliki sejumlah kegiatan usaha, yakni Penjamin Kredit Mikro, Penjamin Kredit Umum, Penjamin pinjaman g disalurkan Koperasi kepada anggotanya, Penjaminan Kredit Konstruksi Pengadaan Barang dan/atau Jasa, Penjaminan Bank Garansi (Kontra Bank Garansi), Surety Bond, serta penjaminan lainnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

    PT Jamkrida juga bekerja sama dengan lembaga perbankan dan non bank. Diharapkan, kehadiran perusahaan ini dapat memberikan kontribusi dan manfaat terhadap pertumbuhan perekonomian daerah. Tjo

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus