Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    PT Jamkrida Jabar Dapat Kucuran Penyertaan Modal Rp 300 Miliar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_9657.jpg

    BANDUNG - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan Pemprov memberikan penyertaan modal senilai Rp300 miliar. Pada tahap awal, BUMD ini mendapat kucuran senilai Rp 75 miliar, sedangkan sisanya diberikan secara bertahap dalam waktu beberapa tahun ke depan.

    "Penyertaan modal diberikan secara bertahap, kalau seluruhnya bisa nganggur," ujar Heryawan di Hotel Hilton Bandung, Kamis (11/4/2013).

    Dia menjelaskan Jamkrida Jabar akan menjamin 70% dari total agunan pemohon kredit. Sedangkan sisa resiko lainnya dibagi kepada pihak bank berkolaborasi dengan nasabah.

    Selain pembukaan akses permodalan, Heryawan juga berharap pihak bank mau lebih berpihak kepada Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM). Caranya, dengan memberikan pendampingan agar usaha para nasabah bisa lebih berkembang.

    Menurutnya, KUMKM mendapat prioritas penjaminan karena sektor tersebut memiliki sejumlah keunggulan. Selain tahan terhadap krisis ekonomi, sektor ini juga menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak.

    Heryawan menyatakan tenaga kerja yang terserap KUMKM mencapai 98% sedangkan sisanya pelaku besar. Meski demikian, 50% permodal perbankan terserap kepada pelaku besar.

    Sementara itu, PT Jamkrida Jabar mampu menjamin kredit bagi Koperasi hingga Rp 7,5 miliar. Sedangkan kredit bagi perseorangan hingga Rp 3,2 miliar. tjo

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus