Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Calon TKI Secara Bertahap Terima Fasilitasi Dana Kredit

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/images2.jpg

    BANDUNG-Pemerintah merespon salah satu masalah yang dihadapi para calon TKI yang akan bekerja ke luar negeri. Masalah tersebut, diantaranya terbatasnya kemampuan pendanaan untuk berangkat ke luar negeri. Untuk menuntaskan masalah tersebut, kini mulai dijajaki adanya fasilitasi dana kredit untuk calon TKI, papar Kadis Nakertrans  Jabar, Hening Widiatmoko dalam keterangannya kepada jabarprov.go.id (12/4).
     
    Hening, lebih lanjut memaparkan fasilitasi dana kredit untuk calon TKI, diawali dengan penandatanganan MoU antara Disnakertrans Jabar dengan pihak bank bjb yang ditandatangani, 12 April 2013. Program tersebut, dapat dikatakan sebagai pylot projek karena program tersebut baru pertama dilaksanakan serta baru dilaksanakan terbatas untuk TKI magang yang akan bekerja ke Jepang.
     
    Untuk tahap awal, dana kredit baru disalurkan untuk 20 orang tenaga magang, dengan besaran pinjaman Rp.10 juta per orang. Kredit tersebut, merupakan kredit dengan bunga normal dan sesuai dengan kesanggupan kreditor yaitu tenaga magang, pinjaman dana tersebut akan dikembalikan dalam hitungan waktu 1 tahun.
     
    Syarat yang harus dipenuhi oleh tenaga magang untuk mendapatkan bantuan kredit adalah kesanggupan untuk membayar, dimana kesanggupan tersebut diketahui  oleh para orang tuanya. Untuk teknis pembayaran nanti, tenaga magang mengirim uang kepada orang tuanya melalui rekening yang disediakan melalui bank bjb.
     
    Jika dihitung kontrak kerja tenaga magang di Jepang selama 3 tahun, maka akan dihasilkan uang mencapai ratusan juta rupiah, sehingga pinjaman dana tersebut dapat diselesaikan. Jika program ini sukses, ujar Hening akan dilanjutkan dengan sasaran lebih banyak serta selain sektor formal juga untuk informal akan difasilitasi. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus