Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Karawang Siap kelola PBB Perdesaan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/HMS_1882-crop.jpg

    KARAWANG-Sebagai upaya untuk lebih meningkatkan kesiapan Kabupaten Karawang untuk mengelola PBB sektor Perdesaan dan Perkotaan, jajaran DPPKAD Kabupaten Karawang lakukan silaturahmi dengan para pengelola PBB P2 Tingkat Kecamatan dan Desa Se-Kabupaten Karawang, bertempat di Aula Husni Hamid Pemkab Karawang Minggu (21/4).

    Pada kesempatan tersebut, Kepala DPPKAD Kabupaten Karawang Hadis Herdiana, SH, MM dalam sambutannya mengatakan, sejalan dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah serta Perda Kabupaten Karawang Nomor 16 Tahun 2012 tentang Perubahan atas Perda Nomor 12 TA 2011 tentang Pajak Daerah, dalam hal ini PBB sektor Perdesaan dan Perkotaan memegang peranan yang sangat penting dalam struktur penerimaan negara maupun daerah. Demikian juga halnya dengan program pembangunan yang telah ditetapkan dalam APBD Kabupaten Karawang tahun 2013.

    Hadis juga menambahkan, berbagai upaya telah, sedang dan akan terus  dilaksanakan untuk mempersiapkan segala sesuatunya baik yang manyangkut personil , regulasi maupun infrastruktur lainnya, termasuk didalamnya dengan ditetapkan dan diberlakukannya Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 12 Tahun 2011 tentang pajak daerah  serta dengan meningkatkan kualitas sistem pengelolaan keuangan daerah secara lebih transfaran, bertanggungjawab  dan dapat menjamin efektivitas pemanfaatannya.

    Disisi lain, Kabupaten Karawang meraih prestasi di tingkat provinsi maupun nasional Karawang telah 3 (tiga) kali mencapai lunas target dari rencana penerimaan yang ditetapkan oleh pusat, terakhir tahun 2011 mendapat reward dari provinsi jawa barat maupun dari pusat.

    Adapun maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan ini, disamping salah satu upaya untuk menjalin silaturahmi antara Koordinator Tingkat Kecamatan dan Bendahara PBB P2 Desa/Kelurahan Se-Kabupaten Karawang, yaitu untuk mensosialisasikan pengalihan PBB P2 ; Pemantapan bagi Pengelola PBB P2 serta Penyamaan Persepsi atas pengelolaan PBB P2 di Kabupaten Karawang.

    Dalam kesempatan yang sama, Panitia Penyelenggara, dalam laporannya, menyampaikan bahwa SPPT massal sebanyak 25 kecamatan, SPPT yang sudah disampaikan tingkat kecamatan sebanyak 19 kecamatan dan DHKP yang sudah tercetak sebanyak 24 kecamatan.

    Kegiatan tersebut, dihadiri oleh Koordinator Kecamatan sebanyak 30 orang dan Bendahara PBB P2 di tingkat Desa/Kelurahan sebanyak 309 orang.
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus