Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Rencana Cetak Sawah Baru Terus Didorong

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/aLahan_Pertanian_di_Kota_Cimahi.JPG

     

    BANDUNG- Rencana cetak sawah baru di Jabar, akan terus didorong. Jika pada awalnya, program tersebut hanya didanai melalui dana yang bersumber dari APBN, untuk ke depan juga didorong dapat difasilitasi melalui APBD Provinsi Jabar, papar Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Pemprov. Jabar, Diden Tresnadi dalam keterangannya kepada jabarprov.go.id (1/5).
     
    Diden, lebih lanjut memaparkan untuk keberlanjutan cetak sawah baru, dalam tahun 2014 mendatang dipersiapkan kegiatan survey desain investigasi. Jika tahapan tersebut selesai maka cetak sawah baru dapat dilaksanakan mulai dari tahun 2015. Diprediksi merujuk kepada target sawah baru yang dibuka seluas 100.000 Ha, maka dapat diselesaikan dalam tahun 2017 mendatang.
     
    Berkenaan dengan cetak sawah baru, dalam tahun 2013 dilakukan tahapan identifikasi lahan. Rencananya identifikasi lahan akan dilaksanakan di Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya dan Ciamis. Dilokasi tersebut, merujuk kepada data dari Bakosutanal potensi sawah baru dapat mencapai 206.000 Ha.
     
    Diden, menambahkan cetak lahan baru sawah melalui dukungan dana dari APBN sudah mulai dilaksanakan di beberapa wilayah antara lain : Sukabumi 100 Ha serta Garut dan Tasikmalaya masing-masing 50 Ha.
     
    Direncanakan, setelah survey desain investigasi tuntas, dukungan dana untuk cetak lahan baru bisa didanai melalui APBD, dimana untuk tahap ini dukungan dana APBD baru terbatas pada kegiatan survey.
     
    Lahan yang dipakai untuk cetak baru sawah merupakan lahan petani yang selama ini tidak dipergunakan untuk areal penanaman sawah karena merupakan lahan kering. dengan difungsikannya lahan tersebut menjadi lahan sawah, dengan 4 sampai 5 kali tanam, lahan tersebut akan berubah menjadi lahan produktif sehingga menjadi lahan pengganti lahan sawah yang terkena alih fungsi lahan.
     
    Seiring dengan program cetak sawah baru, ujar Diden Pemprov. Jabar juga dalam tahun ini akan mengevaluasi luas lahan sawah yang secara keseluruhan. Dari hasil evaluasi tersebut, akan nampak kondisi alih lahan fungsi. (Nur)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus