Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Peran Bidan Luar Biasa

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/pertemuan_pembinaan_bidan_se-KAb_Karawang.jpg

    KARAWANG-Wujud Komitmen untuk meningkatkan pelayanan kesehatan Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Kesehatan gelar pembinaan untuk para Bidan Puskesmas/Poned atau Desa se-Kab Karawang, kegiatan bina bidan yang di lakukan hari ini Rabu (8/5) berlokasi di RM Indo Alam Sari Karawang, acara di buka langsung oleh Bupati Karawang H. Ade Swara di damping oleh Ketua TP PKK Hj Nurlatifah Ade Swara.

    Bupati dalam sambutannya  mengucapkan Terimakasih kepada para Bidan yang dengan kesungguhannya menjalani pengabdian dengan baik. Bupati sangat apresiasi karena bagaimana tidak, sudah di akui dan di buktikan bahwa Peran Bidan sangat luar biasa guna mendukung prioritas pembangunan di Kabupaten Karawang salah satunya yatitu Kesehatan.

    Mengabdi kepada Negara yaitu salah satu ibadah maka dari itu niatkan gerak langkah kita sehari sehari itu sebagai ibadah Insya Alloh, ujar Bupati.

    Alloh SWT akan memberikan dan membalasnya dengan lebih baik, secara umum bila imbalan yang di berikan oleh Pemkab terhadap para bidan di sadari tidak begitu besar namun saya kembali tegaskan bahwa Bidan berkerjanya didasari dengan ibadah begitu lanjut Bupati.

    Mengenai Akte Kelahiran yang memang ada sangkut pautnya dengan kelahiran yang dilakukan oleh para Bidan, mulai saat ini pembuatan Akte tidak perlu pengesahan dari pengadilan, usulan tersebut di lakukan dari Disdukcatpil Karawang kepada Kemendagri lalu diindahkan MK dan aturan ini di berlakukan untuk seluruh daerah yang ada di Indonesia, guna mempermudah layanan pembuatan Akte. itu merupakan inovasi yang berawal dari kami Upaya Pemerintah Kab Karawang, demikian Bupati Ade Swara.

    selanjutnya Ketua TP PKK Karawang Hj Nurlatifah memberikan sedikit arahan menurut Hj Nurlatifah salah satu isi pembinaan bidan ini adalah Program Perencanaan Persalinan Dan Pencegahan Komplikasi (P4K), P4K adalah suatu kegiatan yang difasilitasi oleh bidan desa dalam rangka peningkatan peran aktif suami, keluarga dan masyarakat dalam merencanakan persalinan yang aman dan persiapan menghadapi komplikasi bagi ibu hamil, termasuk perencanaan penggunaan kb, pasca persalinan dengan menggunakan stiker sebagai media notifikasi sasaran dalam rangka meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir.

    Hj Nurlatifah menambakan kegiatan ini sangatlah penting karena banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh ibu-ibu dengan adanya perencanaan persalinan ini maka pencegahan terhadap kematian ibu dan bayi bisa di lakukan secara dini Imbuhnya

     Dalam laporannya Kepala Dinas Kesehatan Karawang dr.Asep Hidayat menyampaikan Kegiatan bina desa di ikuti oleh jumlah bidan se Kab Karawang yaitu 660 Bidan dari tersebar dari 50 Puskesmas yang ada di Kab Karawang antara lain didalamnya teradapat 378 Bides 240 BIdan Puskesmas/PONED serta 50 Bidan Kordinator, bina bidan ini terbagi 3 sesi, kegiatan hari ini merupakan kegiatan sesi pertama karena dari keseluruhan jumlah bidan di Kab Karawang PNS maupun PTT di bagi kedalam 3 sesi, Sesi 1 Hari ini (8-5) Sesi 2 Rabu (15/5) Sesi 3 Kamis (16/5),  tujuan di gelarnya Bina Bidan antara lain yaitu mempercepat fungsi desa siaga, meningkatkan cakupan persalinan oleh tenaga kesehatan, meningkatnya peserta KB pasca persalinan, menurunkan angka kematian ibu dan bayi (@IKI)
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus