Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    ASTRA Honda Motor Bangun Pabrik Ke-4 di Karawang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/bertambah-lagi-perusahaan-a.gif

    KARAWANG-Pertumbuhan Industri dan investasi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terus meningkat. Salah satunya terlihat dari keputusan PT. Astra Honda Motor untuk membangun pabrik keempatnya di Kab. Karawang.

    Prosesi Ground Breaking Ceremony pembangunan pabrik tersebut dilakukan secara langsung oleh Bupati Karawang, H. Ade Swara, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yoshinori Katori, dan Sekjen Industri Unggul Berbasis Teknoloi Tinggi Kementerian Perindustrian RI, Ir. Syarif Hidayatulloh di Kawasan Industri Indotaisei Cikampek Karawang, Jumat (17/5).

    Keberadaan pabrik baru tersebut menambah jumlah dana investasi Honda di Indonesia, khususnya di Kabupaten Karawang, yaitu sebesar Rp. 2,1 triliun. Hal ini seiring upaya Honda untuk meningkatkan kapasitas produksi dimana untuk tahap pertama akan bertambah 550.000 unit per tahun. Pabrik keempat AHM ini akan melengkapi tiga pabrik motor Honda yang sudah lebih dulu beroperasi di Sunter, Pegangsaan dan Cikarang. Dengan demikian, secara total kapasitas produksi sepeda motor Honda di Indonesia diperkirakan mencapai 5,3 juta unit per tahun.

    Pabrik baru AHM ini akan menyerap tenaga kerja sekitar 3.000 orang, sehingga total tenaga kerja di seluruh pabrik Honda akan mencapai 21.000 tenaga kerja, untuk Luas pabrik ke Empat tersebut memiliki luas 84 Hektar.

    Pada kesempata diwawancara para wartawan, Bupati mengungkapkan keinginannya agar PT. Astra Honda Motor bukan hanya menjadi basis produksi bagi kendaraan bermotor, namun pt. juga harus mampu menjadi basis bagi desain dan rancang bangun kendaraan produk honda.

    selain itu, tantangan lain yang cukup berat adalah untuk mengarahkan kemajuan dan perkembangan pabrik ini agar tidak semata-mata menguntungkan perusahaan saja, melainkan juga dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap perkembangan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Karawang, jelas Ade Swara.

    Kemudian pabrik ini juga perlu dapat menjadikan perda Penyelenggaraan Tenaga Kerja di Kab Karawang yaitu Perda No 1 Tahun 2012 tersebut sebagai acuan dalam proses rekrutmen tanaga kerja. Disisi lain, keberadaan program CSR di masing-masing perusahaan, termasuk pabrik ini hendaknya dapat disinergikan dengan arah pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan pemerintah daerah. Dengan demikian keberadaan perusahaan di Kabupaten Karawang benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar, demikian harapan Bupati Ade Swara.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus