Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bimtek Kearsipan di Karawang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Arsip2-(1).jpg

     

    KARAWANG-Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kearsipan di tingkat pemerintahan desa, Kantor Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Karawang menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Sumberdaya Aparatur Kearsipan bagi para Sekretaris Desa. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Asisten Pemerintahan Setda Kab. Karawang, H. Endang Soemantri, SH, tersebut berlangsung di lingkungan Kantor Arsip dan Dokumentasi Karawang, Selasa (3/6) lalu
     
    Bupati Karawang, melalui Asisten Pemerintahan Endang Soemantri mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kapasitas, kapabilitas  serta profesionalisme aparatur. “sebagaimana telah digariskan dalam misi keempat pembangunan Karawang yakni Meningkatkan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan,” jelasnya.
     
    Lebih lanjut Bupati mengatakan, pelaksanaan bintek dan penetapan misi keempat tersebut, semata-mata adalah demi terwujudnya suatu pemerintahan yang bersih dan berwibawa sehingga dapat melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan serta pelayanan kepada masyarakat secara optimal.
     
    Terlebih, lanjut Bupati, sampai saat ini Pemerintah Daerah masih dihadapkan pada suatu dilema, yakni disatu sisi secara kuantitatif jumlah pns telah mencukupi bahkan berlebih, namun secara kualitatif dirasakan masih kekurangan. Dalam bahasa ilmiah, kondisi ini dikatakan “overstaff dalam kondisi understaff”. Apabila dicermati, kualitas aparatur yang masih kurang ini sesungguhnya terjadi pada aspek kompetensi tertentu yang tidak dapat diisi oleh pns yang ada, termasuk didalamnya kurangnya kompetensi dibidang kearsipan.
     
    Untuk itu, dalam upaya mewujudkan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang baik dan bersih serta dalam rangka menjaga agar dinamika gerak maju masyarakat karawang ke depan senantiasa berada pada pilar perjuangan dalam mencapai cita-cita pembangunan daerah, arsip yang tercipta harus dapat menjadi sumber informasi, acuan, dan bahan pembelajaran bagi seluruh opd khususnya serta masyarakat umumnya.
     
    Sementara itu, Kepala Kantor Arsip dan Dokumentasi Kab. Karawang, Herry Heryadi menjelaskan bahwa  maksud diselenggarakannya kegiatan ini adalah dalam rangka pembinaan kearsipan bagi para sekretaris desa, dengan harapan dapat menciptakan tertib administrasi desa.  “Bintek ini akan diselenggarakan mulai tanggal 12-14 Juni 2013 dengan peserta sebanyak 30 orang sekretaris desa/kelurahan,” jelasnya.
     
    Herry menambahkan pula bahwa materi yang akan diperoleh para peserta terdiri dari materi Revitalisasi Kelembagaan Desa, Tata Naskah Dinas di lingkungan Pemerintah Kab. Karawang, Pengurusan Surat Dinas, Penataan Berkas, dan Penyusutan Arsip. Selain itu, untuk lebih meningkatkan kualitas penyampaian dan penerimaan materi, pihaknya telah mengundang para pejabat terkait di lingkungan Pemerintah Kab. Karawang, serta nara sumber dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Jawa Barat.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus