Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tahun 2013, Produksi Padi Berpeluang Naik

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Pemprov.-Jabar-Siapkan-Areal-Sawah-Baru_1.jpg
    BANDUNG-  Tahun 2013, merujuk kepada informasi prakiraan BMKG, untuk wilayah Jabar, akan didominasi dengan cuaca kemarau basah. Jika prakiraan tersebut terbukti dapat memberikan manfaat di sector pertanian, untuk produksi padi dengan curah hujan yang besar dapat meningkatkan produksi padi di tahun ini, ungkap Kadis Pertan Jabar, Diden Trisnadi dalam keterangannya kepada wartawan, akhir pekan lalu.
     
    Diden, lebih lanjut memaparkan dengan kemarau basah, yang ditandai dengan datangnya hujan pada bulan-bulan yang biasa setiap tahun musim kemarau, petani dapat terus-menerus tanam padi sehingga produksi padi dapat terus bertambah seiring dengan kontinuitas tanam padi.
     
    Diakui, untuk cuaca dengan kondisi musim kemarau basah, sayuran dan buah-buahan akan terganggu, karena untuk jenis sayuran dan buah-buahan pada situasi cuaca tersebut banyak mengalami gagal tanam akibat kelebihan air.
     
    Demikian juga untuk komoditi Bawang Merah, dengan curah hujan tinggi juga menyebabkan produksi turun. Sebagai solusinya, jika pasokan kurang, impor diperkenankan asal dalam bentuk bibit. Jumlah bibit yang diperlukan tergantung kepada kebutuhan. Oleh karenanya, perlu dilakukan survey dari sekarang atas kebutuhan Bawang Merah khususnya di sentra-sentra penanaman Bawang Merah seperti Cirebon dan Majalengka.
     
    Diden, dalam bagian lain keterangannya memaparkan menyikapi pengaruh kemarau basah tak perlu dikhawatirkan karena gangguan pengurangan produksi agribisnis bukan terjadi pada komoditas kebutuhan pokok masyarakat. (Nur)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus