Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sekda Dampingi Menteri PU Resmikan Jalan Lintas Cianjur

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/ULI_0613.jpg

    CIANJUR-Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Wawan Ridwan mendampingi Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto resmikan Jembatan Lingkar Luar (lebih dikenal dengan Jalan Lingkar Timur Cianjur) yang terletak di simpang Rawa Bango Cianjur, Jumat (5/7).

    Sekda Jabar atas nama Gubernur Jabar berharap keberadaan Jalan Lingkar Timur Cianjur dapat  mengakselerasi laju pertumbuhan ekonomi di wilayah Cianjur dan Jawa Barat pada umumnya.

    "Biasanya insfrastruktur jalan merupakan urat nadi perekonomian. Kedepan menunggu ada rencana besar lainnya mengingat Jawa Barat merupakan jalan atau jalur menuju ibukota," ungkap Wawan.

    Menteri PU Djoko Kirmanto pada kesempatan itu mengemukakan,  pembangunan ini guna mendukung pembangunan infrastruktur transportasi pada lintas nasional/koridor/kota utama melalui penanganan pembangunan jalan baru. "Ini adalah salah satu proyek  yang sebagian dibiayai dengan bantuan Bank Dunia dan dimaksudkan untuk mendukung peningkatan jaringan nasional," paparnya.

    "Karena jalan merupakan 90 % jalur utama lalu lintas perekonomian di Indonesia, jadi hampir setiap provinsi selalu mengajukan pembangunan jalan."  

    Djoko juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah merelakan tanahnya dibebaskan untuk pembangunan jalan. "Tinggal kita pelihara fasilitas insfrastruktur jalan ini sebaik baiknya," himbaunya seraya secara bersama-sama menekan tombol sirine tanda diresmikannya penggunaan Jalan Lingkar Cianjur.

    Jalan Ring Road Timur Cianjur  yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional IV sepanjang 7,45 KM ini membentang disambung 3 buah jembatan, 1 lintasan Kereta Api. Dilaksanakan secara bertahap  selesai dalam waktu 820 hari kalender, menghabiskan dana biaya sebesar Rp.92.812.563.027,- Kontraktor pelaksana PT.Yasa Patria Perkasa dan konsultan supervisi CCECI JVdengan PT.Cipta Strada  dibiayai dari sumber dana APBN dan dana loan (pinjaman) IBRD, Dimulai DIPA 2009 dengan kontrak pelaksanaan 2010 s/d 2012. Pembangunan jalan Lingkar Cianjur diharapkan dapat memfasilitasi arus kendaraan langsung dari cianjur menuju Sukabumi sehingga tidak perlu melalui jalur dalam kota.

    Hadir pada peresmian tersebut Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh, Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat Guntoro, Kepala Dinas PU Bina Marga Cianjur Atte Adha Kusdinan, anggota DPRD RI komisi V DPRD Cianjur serta OPD terkait lainnya.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus