Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur : Kopi Jabar Bisa Menguasai Dunia

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_0003WEB2.jpg

    BANDUNG-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berharap kopi Jabar bisa  menguasai pasar kopi dunia. Hal ini disampaikannya ketika  mengukuhkan Pengurus Clearing House Coffee Jabar periode 2013-2018 & Grand Opening "Java Preanger Coffee House di Java Preanger. Coffee House jl Cisangkuy 68  Bandung (6/7).  

    Kopi Jabar bisa menguasai pasar dunia, ungkap Heryawan, jika jajaran pengurus Clearing House dan segenap stakeholder kopi di Jabar melakukan langkah-langkah kongkrit secara sinergis, terutama yang difokuskan pada upaya perluasan lahan dan peningkatan produktivitas.

    "Tidak dipungkiri saat ini tingkat produksi kopi Jawa Barat masih rendah, salahsatunya disebabkan terbatasnya luas lahan kopi, yaitu baru mencapai 6,23 % atau 30,500 ha dari luas lahan perkebunan di Jawa Barat yang mencapai 488.700 ha," papar Heryawan.

    Di samping itu perkebunan kopi tersebar di 18 Kab/Kota, yang luas lahannya rata-rata masih dibawah 4 ribu ha. Hanya Kab.Bandung yang sudah mencapai 9.462 ha, padahal secara potensi luas lahan kopi di Jawa Barat bisa mencapai 600 ribu Ha, jelas Heryawan.

    "Untuk itu, tahun 2017 kita menargetkan luas lahan kopi di Jabar mencapai 130 ha sehingga produksinya diharapkan mencapai 90 ribu-100 ribu ton", harap Heryawan.

    Gubernur Heryawan juga mendukung untuk meningkatkan gairah petani kopi melalui kampanye kopi lokal asal Jawa Barat diberbagai media dan event gelar produk.

    "Selain itu juga dengan perluasan dan permudah akses permodalan usaha, perkuat sistem perdagangan kopi yang berkeadilan," ujar Heryawan.
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus