Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pantauan Harga Selama Ramadhan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_9687comp.jpg

    BANDUNG-Tak bisa dipungkiri, kenaikan harga bahan bakar minyak (BMM) berpengaruh besar terhadap harga-harga kebutuhan pokok. Bahkan memasuki awal bulan Ramadan ini, kenaikan harga sembako juga mengalami kenaikan harga.

    Seperti halnya di pasar tradisional Pasar Kordon Buah Batu, Bandung yang dipantau jabarprov.go.id, Jum'at (12/7). Beberapa harga bahan pokok di pasar ini mengalami kenaikan harga, seperti bawang merah yang mencapai Rp 40.000 per kilogram. Namun kenaikan tersebut diakui oleh beberapa pedagang sudah terjadi sejak sebelum harga BBM. Hal tersebut dikarenakan ketersediaan bawang merah mengalami kelangkaan.

    Berbeda dengan harga bawang merah, harga beras di pasar ini masih terpantau stabil dan tidak mengalami perubahan. Menurut penuturan Pak Abdul Rahman, salah satu pedagang beras dan telur, harga beras berbagai jenis bekisar Rp 10.500 per kilogram. Begitu juga harga telur mencapai Rp 19.750 per kilogram. Sedangkan harga minyak goreng berkisar antara Rp 9.700 – Rp 10.000 per kilogram.

    Sedangkan fenomena harga di pasar modern seperti di salah satu supermarket di Buah Batu, cenderung lebih tinggi dari harga di pasar tradisional. Harga bawang merah di sini mencapai Rp 59.000 per kilogram, dan harga beras berkisar antara Rp 30.000 – Rp 100.000 per 5 kg atau Rp 330.000 per 25 kg. Harga telur per 10 butir mencapai Rp 18.650 atau Rp 19.950 per kilogram.

    Produk bahan pokok di supermarket hampir semua dikemas dalam ukuran per kilogram sehingga memudahkan pembeli untuk menakarkan sendiri sesuai kebutuhan.
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus