Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Karawang Kembali Dapat Hibah Program Air Minum

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/AusAID-2-(1).jpg

     

    KARAWANG-Bupati Karawang, H. Ade Swara, bersama Menteri Keuangan Republik Indonesia cq. Dirjen Perimbangan Keuangan, Marwanto Harjowiryono, melaksanakan penandatangan Perjanjian Penerusan Hibah Program Air Minum Tahap II, bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (17/7). Kabupaten Karawang sendiri termasuk salah satu dari 66 kabupaten/kota penerima hibah lanjutan tersebut, atas keberhasilan pelaksanaan program tahap sebelumnya.
     
    Menurut Marwanto Harjowiryono, Program Hibah Air Minum merupakan kegiatan penerusan hibahan kepada Pemerintah Daerah yang bersumber dari hibah Pemerintah Australia melalui AusAID, yang ditujukan untuk meningkatkan akses pelayanan air minum bagi masyarakat di daerah khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
     
    Marwanto melanjutkan, program Hibah Air Minum Tahap II merupakan kelanjutan dari keberhasilan dari program tahap I, yang telah dilaksanakan pada tahun 2010-2011. Pada tahap kedua ini, telah dimulai sejak tahun 2012 dan akan berakhir pada bulan Juni 2015. AusAID sendiri mengalokasikan anggaran sebesar AUD$ 250 juta, dimana AUD$ 90 juta secara khusus dialokasikan untuk mendanai program Hibah Air Minum. Sedangkan total dana hibah yang diberikan untuk 66 kab/kota tersebut adalah sebesar AUD$ 45 Juta untuk pembangunan sekitar 173.500 sambungan rumah air minum.
     
    Chief of Operation AusAID Indonesia, Mat Kimberley menjelaskan melalui bantuan ini, pihak berupaya untuk turut berpartisipasi pada pembangunan sektor infrastruktur di Indonesia guna meningkatkan target akses air minum bagi masyarakat. Selain itu, melalui program ini, AusAID berharap dapat mendorong Pemerintah Daerah untuk meningkat perhatian dan investasi pada pemenuhan kebutuhan air minum dan sanitasi masyarakat. “Untuk membantu masyarakat sehingga bisa hidup lebih sehat dan produktif,” imbuhnya.
     
    Menyikapi penunjukkan kembali Kab. Karawang sebagai penerima bantuan hibah, Bupati Ade Swara memberikan apresiasi kepada pihak Pemerintah Australia dan AusAID yang telah kembali mempercayai Kab. Karawang untuk menerima bantuan tahap kedua. Untuk itu, dirinya akan menyikapi secara serius banuan tersebut untuk mengembangkan infrastruktur air minum daerah, sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi. “Program ini tidak hanya terbukti dapat memberikan output positif yang terukur, melainkan dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat,” demikian Bupati Ade Swara.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus