Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Urbanisasi Tak Bisa Dilahangi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/2013-07-30-12.14_.12comp_1.jpg

    BANDUNG- Rabu (14/8)Perpindahan penduduk dari desa ke kota atau biasa disebut dengan Urbanisasi, kerap terjadi pasca-Hari Raya Idul Fitri, setiap tahunnya. Demikian dikemukakan Antropolog Universitas Padjadjaran (Unpad), Budi Rajab.

    Menurut Budi, mereka datang ke kota-kota besar dengan berbagai tujuan, mulai dari hanya sebatas ingin tahu saja, mengunjungi sanak keluarga hingga mencari pekerjaan untuk meningkatkan kesejahteraan.

    “Banyak yang datang ke kota-kota besar seperti Bandung dengan berbagai alasan, mulai untuk meneruskan pendidikan, hanya sekedar main, mengunjungi keluarga hingga mencari pekerjaan,” ujarnya.

    Budi mengatakan, urbanisasi ini tidak bisa dihalang-halangi oleh siapapun bahkan sulit untuk dibendung, karena itu merupakan pola yang berjalan mengalir begitu saja.

    “Sepanjang kebutuhan yang dicari masyarakat dapat terpenuhi di suatu tempat, yang nota bena tersedia di perkotaan mereka akan terus datang,” ucapnya.

    Karena menurut Budi, apapun yang menurut mereka bisa dilakukan dan menghasilkan uang, mereka akan berbondong-bondong untuk datang ke Kota Besar.

    “Meski nantinya menjadi pemulung dan menghasilkan uang, mereka akan kerjakan ketimbang diam di kampungnya yang tidak ada untuk dipulung,” kata Budi.

    Akibat kondisi terebut menurutnya, setiap tahun penduduk di kota-kota besar, tidak terkecuali Bandung akan terus mengalami peningkatan pasca Lebaran.

    “Dengan mereka datang ke kota besar dan kerasan kemudian mendapat pekerjaan, mereka akan menetap lama dan membuat KTP,” pungkasnya. (Parno)
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus