Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Upacara Peringatan Proklamasi RI Ke-68 Tingkat Provinsi Jawa Barat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_0054-foto-utama.jpg

    BANDUNG-Upacara Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-68 Tahun 2013 Tingkat Provinsi Jawa Barat berlangsung di Lapangan Gasibu Bandung, Sabtu (17/8) dengan inspektur upacara Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Komandan Upacara Letkol CPM Yusri/Komandan Detasemen Polisi Militer Kodam III/Siliwangi.

    Upacara peringatan yang dimulai pukul 10.00 itu, diawali dengan pengibaran bendera merah putih oleh Paskibraka Prov. Jabar. Gubernur Jabar memberikan bendera Sang Merah Putih duplikat kepada salah seorang putri pengibar untuk selanjutnya dikibarkan hingga sore hari. "Bendera siaap", itulah aba-aba petugas pengibar dan selanjutnya menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

    Acara selanjutnya, mengheningkan cipta kurang lebih dua menit untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah gugur, dipimpin oleh Inspektur upacara.

    Pembacaan naskah-naskah Pancasila, Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan Teks Proklamasi. Pembacaan naskah Pancasila dilakukan oleh Kapolda Jabar. Pembacaan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Ibu Ketua Pengadilan Tinggi Jabar dan Teks Pancasila dibacakan oleh Ketua DPRD Prov. Jabar.

    Usai pembacaan naskah-naskah, dilakukan "Mengenang Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI" yang ditandai penekanan tombol sirine oleh Inspektur upacara Gubernur Ahmad Heryawan.

    Acara pokok Peringatan HUT RI Ke-68 diakhir dengan sambutan Gubernur Jawa Barat dan selanjutnya ditutup dengan do"a yang dipimpinan Ketua Umum Majelis Ulama Jawa Barat, Khabib Usman didampingi para pemuka agama Kristen Katolik, Hindu, dan Budha.

    Mengiringi waktu istirahat sebelum pasukan dibubarkan, diperdengarkan lagu-lagu persembahan Paduan Suara Unpad Bandung. Lima buah lagu yang dibawakan, meliputi : Halo-Halo Bandung, Tanah Air, hari Merdeka dan Indonesia Pusaka.

    Pada kesempatan Upacara Peringatan HUT RI Ke-68 Tahun 2013 itu, Gubernur bersama para Pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah berkenan melepas dan menyaksikan pawai 1500 Motor Vespa yang akan berkeliling Kota Bandung memeriahkan HUT Proklamasi.
     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus