Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Perhatian Terhadap Angklung Masih Kurang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_0017-ujo.jpg
    BANDUNG-Daeng Ujo tatkala memberikan sambutan pada acara deklarasi kampanye sanitasi, Kamis (5/9) di Aula Saung Ujo Jl. Padasuka Bandung mengungkapkan, bahwa perlu ada peningkatan apresiasi masyarakat terhadap kesenian angklung melalui pembudayaan angklung di sekola-sekolah dan pemerintahan.
     
    "Disela ketenarannya di mancanegara sebagaimana Daeung Ujo ceritakan ke 40 negara, bahwa Seni Angklung mendapat perhatian besar dari masyarakat luar negeri. Berbagai utusan budaya mendatangi bengkel Saung Ujo di Bandung dan mempelajari seluk beluk seni dan alat angklung. 
     
    Daeng Ujo merasa prihatin, justeru di Jawa Barat itu sendiri Seni Angklung kurang begitu antusias terutama dikalangan generasi muda.
     
    "Terus terang saya meminta bantuan pihak pemerintah untuk meningkatkan warga Jawa Barat untuk membudayakan seni dan kesenian angkklung. Pihak Saung Angklung Ujo siap mendatangkan pembina untuk melatih anak-anak sekolah atau masyarakat umum."
     
    Daeng Ujo pun mengutarakan betapa susahnya bahan baku angklung yaitu bambu. Sekarang ini sudah semakin sulit, termasuk lahan untuk menanam bambu. Oleh karena itu, pihaknya meminta perhatian Pemerintah, agar di tiap daerah disediakan lahan untuk menanam pohon bambu yang berkualitas.
     
    Daeng Ujo adalah salah seorang putra dari "Mang Ujo" yang meneruskan karier orang tuanya menekuni kesenian angklung dan alat angklungnya.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus