Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur lepas Kloter Pertama Jamaah Calon Haji Jabar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_0314WEB-(1)12.jpg
    BEKASI -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melepas kelompok terbang (Kloter) pertama jamaah calon haji asal Provinsi Jawa Barat. Penyelenggaraan ibadah haji sendiri secara nasional dimulai sejak tanggal 9 September hingga 8 Oktober 2013.
     
    Untuk musim haji tahun ini jumlah jamaah calon haji asal Jawa Barat setelah dipotong kuota mencapai 30.808 orang. Sebelum adanya pemotongan kuota sebesar 20 persen, jumlahnya mencapai 37.366 orang.
     
    Kepada jamaah calon haji asal Jawa Barat, Heryawan menyampaikan ucapan selamat jalan, selamat menjalankan rangkaian ibadah haji dengan khusyu dan tertib. Selain itu mengingat kondisi cuaca yang ekstrim serta ancaman virus corona, dirinya meminta jamaah untuk menjaga kesehatan, makan minum teratur dan istirahat yang cukup. "Menggunakan masker untuk mengurangi dampak virus corona, menjaga asupan gizi dan menjaga kesehatan harus menjadi perhatian," tegasnya.
     
    Dalam kesempatan itu, Heryawan juga berpesan kepada para petugas yang mendampingi jamaah calon haji, baik itu Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) dan Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD), untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik. Hal itu guna menghadirkan rasa khusyuk jamaah selama mengikuti proses ibadah haji. Tentu diharapkan semua berjalan lancar dan tertib tanpa hambatan berarti.
     
    "Kondisi cuaca yang ekstrim dimana suhu dapat mencapai 43 derajat celcius serta ancaman virus corona yang merupakan rumpun influensa  akan mengganggu kekhusyukan ibadah haji. Selain itu kondisi Masjidil Haram yang sedang renovasi tentu akan ada penyempitan ruang gerak jamaah haji. Semua itu harus menjadi perhatian para petugas," ujar Heryawan yang juga mengingatkan agar para petugas juga tetap menjaga kesehatan diri.
     
    Pelepasan jamaah calon haji asal Jawa Barat oleh Gubernur berlangsung di Asrama Haji Bekasi, Jl Kemakmuran Bekasi, Selasa (10/9) pagi usai Sholat Shubuh berjamaah. Untuk embarkasi Bekasi akan diberangkatkan 29.911 orang, terbagi dalam 68 kloter. Dimana dalam 1 kloter terdiri dari 444 jamaah, 5 petugas kloter dan 1 petugas dari TPHD. Untuk tahun ini jamaah calon haji, didampingi 505 petugas, terdiri dari 165 TPHD, 68 TPHI, 68 TPIHI dan 204 TKHI.
     
    Sementara di tempat terpisah, Menteri Agama Suryadharma Ali juga melepas keberangkatan kloter pertama jamaah calon haji asal DKI Jakarta di Asrama Haji Pondok Gede. Pelepasan itu menandai pemberangkatan 10 kloter pertama secara nasional di 10 embarkasi di tanah air. Para jamaah akan menempati 200 unit pemondokan di sekitar Masjidil Haram yang tersebar di sejumlah wilayah, diantaranya; Hafair, Jarwal, Sulaimaniyah, Jumaizah, Mahbasjin, Misfalah dan Bakhutmah.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus