Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ormas GMBI dan BPPKB Banten Sepakat Berdamai

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/HMS_8426-.jpg

     

    KARAWANG--Upaya rekonsiliasi yang di lakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang bersama Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), Ketua LSM GMBI dan Ketua ormas  BPPKB Banten yang bentrok beberapa pekan lalu akhirnya sepakat berdamai.  Kesepakatan ini diwujudkan melalui penandatangan kesepakatan damai di ruang rapat Bupati Karawang. Selasa (17/9)
     
    Penandatangan kesepakatan damai tersebut dilakukan perwakilan dari kedua kelompok dan disaksikan Bupati Karawang, Ade Swara, Kapolres Karawang, Tubagus Ade Hidayat, Kepala Kejaksaan Negeri Karawang, Ketua DPRD Karawang, Kepala Pengadilan Negeri dan Danyon 305 yang tergabung dalam Tim Terpadu penanganan gangguan keamanan dalam negeri Kab Karawang yang sudah terbentuk sejak awal tahun lalu.
     
    Bupati Karawang, Ade Swara menyatakan jika kedua belah pihak sudah sepakat untuk berkomitmen menjaga kondusifitas Karawang. “Mereka sudah berdamai dan kedepan tidak boleh terulang kembali kejadian yang sama,” ujarnya.
     
    Dikatakan, kedepan semua organisasi masyarakat dan LSM harus bisa menjaga kondusifitas Karawang. Sebab keamanan dan kenayamanan Karawang bukan hanya peran dari Pemerintah tapi juga semua pihak yang berada di karawang. “Kami juga akan lebih mengintensifkan pembinaan kepada LSM dan Ormas,” katanya.
     
    Menurut bupati, LSM dan Ormas itu terkesan kurang menyadari kekuatan mereka untuk bisa mengkondusifkan Karawang. “Intinya mereka sepakat untuk berdamai dan tidak terjadi kejadian yang sama. Jika terjadi lagi maka penegak hokum harus berperan aktif untuk menertibkan mereka,” katanya.
     
    Selanjutnya yang memberikan arahan yaitu Kepala Kejaksaan Negeri mengatakan pertemuan ini yang menemukan  hasil positif maka dari itu perlu intens dilakukan , mudah mudahan dengan begitu tidak ada lagi LSM LSM yang tersulut dan terprovokasi yang bisa memicu kerusuhan, Harapan kita bersama agar selalu menjaga Kabupaten Karawang tetap kondusif.
     
    Lanjut ketua Pengadilan Negeri Karawang, tentunya kita bersukur pada sore ini pertemuan bersama ketua tim dalam hal ini Bupati bisa persatukan kita untuk menangani gangguan keamanan dalam negeri yang juga memang kita tergabung dalam tim terpadu, dengan begitu terjalin juga sinergitas yang hasil akhirnya tercipta kondusif semua di cantumkan dalam UU No 17 Tahun 2013, tentang Ormas didalamnya menjelaskan LSM perlu memberikan keamanan dan ketertiban kepada masyarakat diamanapun keberadaannya, perlu dan harus mampu memberikan kontribusi, kepada ketua juga harus tunjukan integritas
     
    Lanjut ketua DPRD : alhamdulilah pada sore ini kita melakukan agenda penting untuk memperbagus citra Kab Karawang menjadi positif, yang perlu ditekankan OPD Kesbangpol bisa membina LSM, jangan sampai terjadi kita kumpul bersalaman damai tapi nanti terjadi konflik lagi, kepada ketua ketua LSM agar jangan membudayakan bentrok bila terjadi salah paham, kami atas nama tim terpadu yang terdiri dari muspida plus menyatakan bila tidak kita yang menjaga Kab Karawang, oleh siapa lagi? Kepada LSM yang hadir saat ini GMBI BPPKB KOMPAK agar selalu menjaga Karawang.
     
    Kapolres : saya ucapkan terimakasih kepada LSM sudah komitmen apa yang akan dilaksanakan, kesepakatan ini harus dijaga. Diharapkan LSM yang dalam hal ini masing masing mengalami korban, maka dari itu proses laporan kepolisian tetap dilanjutkan dalam hal ini karena kita berempati kepada korban, kalo kita cermati kejadian kemarin ada 1 hal yang perlu kita benahi, misal ada LSM ada kepentingan pribadi jangan mengatasnamakan bendera LSM, intinya bila yang sudah damai sekarang tidak perlu di perpanas lagi, kerena bukan tidak mungkin konflik terjadi lagi, jadi kita perlu pintar bagaimana cara menangani konflik dengan cara pas, saya yakin semua tidak ingin Karawang menjadi lebih buruk pasti tentunya kan ingin lebih baik.
     
    Dandim 0604, kita perlu fokus pada tujuan perdamaian lahir batin jangan mencari persoalan baru, menjaga kondusifitas tanggung jawab kita bersama, karena damai itu indah 
    Sementara itu, Ketua GMBI Distrik Karawang, Muhamad Sayegi Dewa mengakui jika kejadian beberapa waktu lalu merupakan kesalahan dari seluruh ketua karena kurang bisa mengkordinir anggotanya. Oleh sebab itu seluruh anggotanya kedepan akan dibina agar bisa lebih baik lagi. “Kita sudah berkomitmen untuk menjaga kondusifitas Karawang,” tegasnya.
     
    Menurutnya, kejadian beberapa waktu lalu merupakan pendewasaan organisasi agar kedepan bisa lebih baik dan bermanfaat bagi seluruh masyarkat. “Kami juga minta agar seluruh anggota GMBI jangan mudah terpropokasi,” katanya.
     
    Hal senada, Ketua BPPKB Banten, Rahmat Safaat menyatakan jika pihaknya sudah mengambil hikmah dari kejadian beberapa waktu lalu. “Kita siap untuk menjaga kondusifitas Karawang,” singkatnya.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus