Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BPTP Jabar Tindak Lanjuti Konsep KRPL di Seskoau

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/ft3_brt_bptp.jpg
    LEMBANG-Bertempat di Bangsal Vacana, Seskoau, Wadan Seskoau Marsma TNI Dwi Djatmiko, S.B., S.E., mewakili Komandan Seskoau Marsda TNI Sudipo Handoyo, S.E., didampingi pengurus PIA Ardhya Garini CBS Seskoau menerima tim dari Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk menindak lanjuti realisasi konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Seskoau, Lembang, Kamis (19/9). 
     
    Tim BPTP yang lokasinya juga di Lembang selain menjelaskan konsep KRPL juga melaksanakan peninjauan lokasi perkebunan KRPL di Seskoau yang sudah berjalan selama ini untuk dikembangkan secara lebih baik.
     
    Dalam penjelasannya Ir. Hasmi Bandjar, M.Si., Ketua tim yang menjabat sebagai Kepala Tata Usaha (Ka TU) BPTP Provinsi Jawa Barat menyampaikan bahwa KRPL merupakan suatu konsep Kementerian Pertanian yang bertujuan untuk membudidayakan lahan yang ada di pekarangan ditiap rumah secara intensif melalui tanaman pangan yang ramah lingkungan dan berlanjut.  Tujuannya untuk memenuhi pangan dan gizi keluarga dengan optimalisasi pemanfaatan pekarangan secara lestari juga meningkatkan kemampuan keluarga dan masyarakat dalam pemanfaatan lahan dengan budidaya tanaman pangan, sayuran, buah dan obat keluarga.  Sehingga arah KRPL adalah untuk kawasan perumahan yang dihuni oleh banyak keluarga, bukan 1-2 rumah dengan pelaksana para ibu rumah tangga.  Untuk itu, pengelola KRPL akan membangun saung sebagai kebun induk bibit yang akan mendistribusikan bibit tanaman untuk peserta KRPL.     
     
    Wadan Seskoau Marsma TNI Dwi Djatmiko, S.B., S.E. usai mendengar penjelasan Ir. Hasmi Bandjar, M.Si., berencana untuk melanjutkan konsep KRPL di Seskoau antara lain dengan pelaksanaan sosialisasi KRPL kepada anggota PIA Ardhya Garini CBS Seskoau dan penghuni komplek Seskoau, manajemen pengelolaan KRPL yang baik, pemberdayaan  personel untuk pelaksanaan KRPL dan lain-lainnya. Sementara itu, dalam session tanya jawab Ibu Ketua PIA AG CBS Seskoau Ny Haryati Sudipo Handoyo, menanyakan jenis-jenis tanaman yang dapat dibudidayakan. 
     
    Kegiatan Tim BPTP Jabar selanjutnya adalah peninjauan didua lahan KRPL Seskoau.  Lahan KRPL Seskoau selama ini berjalan baik, dikelola oleh Ibu-ibu PIA Ardhya Garini CBS Seskoau dengan tanaman beragam sayuran seperti Brokoli, Pecai, Kembang Kol, Terong, Cabe dan lain-lain.  Tim cukup senang dengan program KRPL Seskoau dan diharapkan ke depan Seskoau sebagai lembaga pendidikan dapat mengembangkan KRPL secara optimal agar para Perwira Siswa dapat mengembangkan program serupa di daerahnya masing-masing.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus