Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemprov. Jabar Akan Tindaklanjuti Riset Gunung Padang

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_019011.jpg
    Pemprov Jabar akan  menindaklanjuti hasil riset oleh berbagai peneliti dari berbagai bidang terhadap situs Magalitikum Gunung Padang Kabupaten Cianjur, yakni dengan membuat aturan-aturan yang ada. Menurut informasi yang diterima  Presiden sudah mendukung atas situs Gunung Padang  dan akan mengeluarkan inpres. 
     
    Berkenaan dengan hal tersebut, Pemprov. Jabar akan memberikan dukungan. Dukungan tersebut, merupakan bukti keserius an Pemprov. Jabar untuk mengurus Gunung Padang, untkap Wagub Jabar ,   Deddy Mizwar dalam keterangannya kepada wartawan di Gedung Sate (3/10).
     
    Gunung Padang, ungkap Wagub  harus ditangani secara serius karena Gunung Padang merupakan salah satu tanda bukti peradaban manusia yang ada di wilayah Jabar. Berkenaan dengan langkah tersebut, harus ada aturan-aturan yang menunjang terhadap bukti peradaban tersebut. Salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah perluasan Gunung Padang, diantaranya dibuat  aturan-aturan yang menunjang terhadap bukti peradaban tersebut.
     
    Adanya hasil penelitian beberapa peneliti dari berbagai bidang, baik arkeologi, arsitektur dan lainnya diharapkan menjadi pendorong untuk mengkap  keberadaan situs tersebut. Untuk mengungkap situs tersebut harus berdasarkan undang-undang cyaitu UU tentang  Cagar Budaya.
     
    Dalam ekspose riset yang berlangsung 3 Oktober 2013, Pemprov. Jabar sangat tertarik dengan gambar imajiner dari para arsitektur terhadap perluasan Gunung Padang.  Selanjutnya, hasil penelitian Gunung Padang akan dibawa pada seminar kebudayaan tingkat internasional yang akan dilaksanakan pada awal Desember tahun ini 2013. 
     
    Pemprov Jawa Barat ,  mendukung   keberadaan Gunung Padang ini, termasuk dalam hal pendanaan. Pemprov Jabar, ujar Wagub menyatakan siap menganggarkan sejumlah dana namun aturananya dulu yang harus dibahas karena jika ekskavasi Gunung Padang ini dikelola pusat maka anggarannya tentu berasal dari APBN.(Nur)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus