Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub: Kawasan DAS Citarum Bagus Ekonomi Masyarakat Meningkat

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_0099.jpg
    BANDUNGKAB-DAS Citarum telah digarap oleh berbagai Instansi terkait sesuai dengan bidang tugas dan garapan masing-masing.  Namun masalah Citarum masih belum tuntas.  Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar pada kunjungan kerjanya berdialog dengan sebagian besar stakeholder dan mengaku memperoleh banyak masukan.
     
    Deddy mengatakan, dalam pengelolaan DAS Citarum perlu duduk bersama kembali diantara Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dan berbagai stakeholder  terkait, agar dampak program atau kegiatan yang telah dilakukan berbagai pihak terlihat hasilnya secara signifikan. Ini ditegaskan Deddy Mizwar di sela-sela kunjungan kerja dua hari menyusuri DAS Citarum saat ditemui media di Danau Cisanti, Kabupaten Bandung, Minggu (13/9).
     
    Menurut Deddy, lingkungan sudah diperbaiki jauh lebih baik dibandingkan 10 tahun yang lalu. "Berbagai pihak juga sudah bekerja maksimal, namun dampak kerusakan menuju kota belum terlihat secara signifikan oleh karena itu  diperlukan adanya kerja bersama-sama secara opimal," katanya.
     
    Dirinya mengajak berbagai stakeholder duduk bersama hilangkan ego sektoral untuk menyelesaikan masalah lingkungan. "Mulai dari penataan lingkungan, pemberdayaan masyarakat dalam mengelola lingkungan, dan memberikan edukasi kepada masyarakat menjaga lingkungan serta menghilangkan kebiasaan buruk membuang sampah ke sungai," ujar Deddy Mizwar.
     
    Deddy  berharap ada kesadaran masyarakat terhadap lingkungan tanpa mengganggu kegiatan ekonomi,  "kawasan jadi bagus ekonomi masyarakat meningkat."
     
    Berkaitan dengan pengelolaan sampah,  Deddy berpesan agar jangan dulu menjustifikasi masyarakat. Diperlukan evaluasi, kemungkinan ada sarana prasarana yang belum dipenuhi oleh pemerintah seperti Tempat Pembuangan Akhir dan tempat pengolahan sampah.  
     
    Deddy Mizwar yang dalam kunjungan kerjanya  berkemah di lokasi Wanawisata Danau Cisanti, Kertasari Kabupaten Bandung, memanfaatkan untuk banyak berdilog dan menghimpun berbagi masukan.
     
    Selanjutnya Wagub Deddy Mizwar beserta rombongan melaksanakan  restocking/menebar 11.500 bibit ikan mas, nila,tawes di danau Cisanti Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Ia juga melakukan penanaman pohon kopi di area kawasan Wanawisata Situ Cisanti.
     
    Pada kesempatan itu Wagub juga meninjau kondisi mata air yang terletak di kawasan Danau Cisanti serta  melakukan kunjungan kerja ke Star Energy Gheothermal Kertamanah Pangalengan.
     
    Hadir pada kegiatan tersebut  Kepala  Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Prov. Jawa Barat Anang Sudarna, Kepala Dinas Kehutanan Prov. Jabar Budi Susatijo, Kepala Dinas Peternakan Prov. Jabar Koesmayadi, Kepala Dinas PSDA Ptov. Jabar Supriyanto, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Prov. Jabar Jaffar,  Kepala Kepala Dinas ESDM Prov Jabar Sumarwan,  Kepala Biro Humas, Protokol dan Umum Setda Jabar R. Ruddy Gandakusumah, Kepala Perum Perhutani Unit III Dadang, unsur pemerintah Kabupaten Bandung dan Kecamatan Pangalengan.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus