Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Folklor Sebagai Pemicu Industri Kreatif

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_00711.jpg
    BANDUNG-Masyarakat Jawa Barat memiliki kekayaan ekspresi budaya tradisional atau folklor  sebagai pemicu pengembangan industri kreatif. Hal itu miliki banyak keuntungannya, jelas Wagub Deddy Mizwar saat memberikan sambutan pada acara Penyerahan Sertifikat perlindungan HAKI dari Kementerian Hukum dan HAM, Selasa (22/10) di Aula Barat Gd. Sate Bandung.
     
    Menurut Wagub, keuntungannya itu yaitu, Pertama sebagai cara melestarikan warisan budaya tradisional sehingga apabila diproduksi secara komersial dapat mengenalkan kembali budaya tradisional. Kedua,  sebagai pemicu laju inovasi dalam perekonomian Jabar, karena masih banyak folklor yang belum didayagunakan. Ketiga, dapat menciptakan budaya baru.
     
    Atas pertimbangan tersebut, Pemprov dan DPRD memembentuk Perda No. 5 tahun 2013 tentang Perlindungan HAKI yang salah satu isi dari perda tersebut,  untuk melindungi warisan budaya masyarakat Jawa Barat dari pengakuan pihak luar baik fisik maupun non fisik.
     
    Menurut Wagub Deddy Mizwar, untuk keberhasilan pelaksanaan Perda No. 5 Tahun 2012 tentang Hak Kekayaan Intelektual tersebut perlu ada kerjasama dan sinerjitas antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, masyarakat adat, tokoh masyarakat dan para peneliti untuk mengimplementasikan Perda ini. Kemudian  mengambil langkah-langkah konkrit dalam melindungan kekayaan budaya sebagai warisan leluhur dengan nilai-nilai yang masih relevan, demikian harapan wagub Demiz.
     
    Pada kesempatan itu, Wagub Jabar mewakili Gubernur, menerima penghargaan dan sertifikat Provinsi Peduli Perlindungan HAKI langsung dari Menhukham Amir Syamsudin. 
     
    Jabar dinilai telah peduli dan berjasa dalam melingungi hak kekayaan intelektrualnya melalui pembentukan Perda No 5 Tahun 2012 tentang Perlindungan HAKI di Jawa Barat. Selain Gubernur, juga diserahkan penghargaan kepada pimpinan DPRD Prov. Jabar.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus