Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur Dukung BUMD Bangun Apartemen

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/YAN_9802web1.jpg
    BANDUNG-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mendukung penuh upaya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jasa Sarana melakukan pembangunan sejumlah bangunan vertikal seperti apartemen guna membantu pemerintah dalam menyediakan sarana tempat tinggal. Hal itu disampaikannya saat melakukan topping off Tamansari Panoramic Apartemen, Jl Soekarno Hatta, Kota Bandung, Kamis (7/11) sore.
     
    "Kita sampaikan apresiasi atas kemajuan proyek apartemen yang merupakan proyek bersama antara PT Jasa Sarana dengan Wika Realty yang saat ini kondisinya mencapai 60 persen lebih. Proses pembangunan yg sudah berjalan sejak Juli 2012 itu diharapkan mampu menekan backlog rumah di Jawa Barat yang saat ini sekitar 1,3 juta," ujar Heryawan.
     
    Lebih lanjut Heryawan menyatakan tingginya angka backlog itu disebabkan oleh laju pertumbuhan penduduk (LPP) tahun 2012 yang mencapai 1,83 persen, dengan jumlah penduduk sekitar 44,5 juta jiwa. "Tentu keberadaan penduduk yang besar itu harus diikuti dengan usaha pemenuhan rumah tinggal yang murah dan layak," ujarnya.
     
    Berdasarkan kajian West Java Province Metropolitan Development Management (WJPMDM) diperkirakan penduduk kota Bandung tahun 2020 mencapai 11,4 juta jiwa. Tingginya jumlah penduduk tidak saja karena faktor LPP semata tetapi karena menjadi tujuan urbanisasi. "Kondisi tersebut jelas mendongkrak permintaan hunian layak, sementara lahan dan kemampuan daya beli masyarakat terbatas," ungkapnya.
     
    Untuk itu sambung Heryawan, Pemprov Jabar terus berupaya dan berkomitmen menuntaskan masalah hunian tersebut. Diantaranya menargetkan 100 ribu perbaikan rumah tidak layak huni (Rutilahu), dimulai tahun 2013 hingga 2018 nanti. Untuk tahun 2013 sudah dianggarkan biaya perbaikan untuk 10 ribu rutilahu.
     
    "Tidak hanya itu, pemprov juga membangun rumah susun sederhana sewa (rusunawa) bagi pekerja di Kabupaten Bandung dan Bandung Barat serta bagi PNS golongan 1 dan 2. Untuk usaha itu, Pemprov Jabar menerima gelar juara umum sebagai pembina pembangunan perumahan. Ini patut menjadi motivasi agar lebih baik lagi," pungkas Heryawan.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus