Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    RSIA Melinda Pupuk Ratusan pohon

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_0286.jpg
    BANDUNG- Sebanyak 200 pohon dari berbagai jenis yang berada di sepanjang Jalan Pajajaran, Kebon Kawung dan Jalan Cihampelas, di pupuk dan di pangkas oleh Green Team Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Melinda, Jumat (08/11).
     
    Komisaris RSIA Melinda, Aryadi Soenggono mengatakan, pemupukan dan pemangkasan dilakukan dalam upaya pemeliharaan menjelang musim hujan serta untuk mengantisipasi terjadinya ranting atau pohon tumbang akibat hujan yang disertai angin.
     
    “Kita gunakan pupuk kandang untuk pohon-pohon yang kami tanam. Ini kegiatan rutin yang kami lakukan sejak pohon tersebut kami tanam  4-5 tahun lalu,” ujarnya.
     
    Aryadi beralasan, penanaman pohon dilakukan atas inisiatif sendiri setelah melihat Kota Bandung yang terasa gersang akibat kurangnya pepohonan yang ditanam di sejumlah ruang jalan.
     
    “Penghijauan yang kami lakukan sebagai bentuk perhatian kami terhadap kondisi Bandung dan kedepan bisa bermanfaat oleh masyarakat,” ucap Aryadi, kepada wartawasan saat memantau pemupukan di Jalan Pajajaran.
     
    Menurut Aryadi, pohon yang ditanam menjadi tanggungjawab pihaknya, sehingga setelah ditaman pohon-pohon tersebut selalu dikontrol, disiram dan diberi pupuk secara rutin dengan biaya sendiri.
     
    "Dari 200 pohon yang ditanam ada beberapa yang mati dan kami ganti dengan yang baru, itu karena ada tangan jahil yang menebang dan memberi cairan hingga pohon mati," katanya.
     
    Sejumlah pohon yang ditanam di tiga ruas jalan tersebut, diantaranya Mahoni Afrika, Tanjung, Trembesi, Angret, Kina dan pohon Kawung.
     
    Aryadi mengaku untuk memelihara yang sudah ditanam pihaknya harus mengeluarkan biaya mencapai ratusan juta rupiah setiap tahunnya.
     
    “Dengan biaya sebesar itu, rasanya akan terbayar jika pohon bisa tumbuh subur. Karenanya saya berharap masyarakat bisa ikut memeliharanya dan tidak merusak pohon yang sudah di tanam,” pungkasnya. (Parno)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus