Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Dirjen PMD: Tata Kelola Desa Harus Berbasiskan Kaearifan Lokal

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/2013-11-13_12.27_.14_.jpg
    KAB. BANDUNG – Direktur Jendral Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri Tarmizi A. Karim menegaskan bahwa tata kelola Desa harus berbasis kearifan lokal. Hal itu diungkapkan Tarmizi pada acara Gelar Pemberdayaan Adat dan Budaya Nusantara tingkat Nasional di Kabupaten Bandung, Rabu (13/11).
     
    “Dengan tidak mengesampikngkan aturan positif tentang Desa, pengelolaan Desa dengan berbasis pada karifan lokal atau adat istiadat setempat, akan lebih menguatkan pengelolaan Desa tersebut” katanya.
     
    Menurut Tarmizi, pengelolaan atau tata kelola Desa yang berbasis pada kearifan lokal juga dapat memberdayakan lembaga adat setempat.
     
    “Dalam rancangan undang-undang tentang Pemerintahan Desa juga diatur tentang keterlibatan lembaga adat setempat untuk ikut mengolala Desanya. Lembaga adat setempat nyatanya telah turut berkorntribusi dalam membendung arus negatif globalisasi” ujar Tarmizi.
     
    Gelar Pemberdayaan Adat dan Kabudayaan Nusantara yang berlangsung 12-13 November 2013 adalah program Kementrian Dalam Negeri pada Direktorat Jendral Pemberdayaan Masyarakat Desa. Untuk tahun ini digelar di Kabupaten Bandung, dan diikuti oleh wakil dari 33 Provinsi, Raja dan Sultan se-Nusantara.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus