Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Unpad Perpanjang Pendaftaran Anugrah Motekar

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/images7.jpg
    BANDUNG- Universitas Padjadjaran memperpanjang pendaftaran "Anugerah Motekar Universitas Padjadjaran" yaitu sebuah penghargaan dari Unpad kepada para inovator dan pengabdi di Indonesia yang berkontribusi nyata dalam pembangunan bangsa, hingga 19 November mendatang.
    Adapun tema Anugerah Motekar Unpad 2013 kali ini adalah yang harus dipenuhi oleh para peserta, yaitu "Melepas Belenggu, Mengembangkan Kreativitas". 
     
    Anugerah Motekar Unpad diselenggarakan setiap tahun dalam rangka Dies Natalis Unpad. Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan tahun 2012 dengan peserta khusus bagi kalangan internal Unpad. Tahun 2013 ini, Anugerah Motekar terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia yang mempunyai produk atau upaya kreatif, inovatif, fungsional dan di luar kebiasaan (thinking out of the box). 
     
    Pendapaftaran “Anugerah Motekar Universitas Padjadjaran” dibuka mulai tanggal 25 September - 19 November 2013. Persyaratan pendaftaran sebagai berikut:
     
    1.Warga negara Indonesia dibuktikan dengan KTP yang masih berlaku;
    2.Memiliki inovasi berupa karya berwujud yang telah atau berpotensi dimanfaatkan di Indonesia, atau telah melakukan rekayasa sosial dalam jangka waktu relatif panjang dan berkelanjutan di wilayah Indonesia.
     
    Ada tiga kategori dalam Anugerah Motekar Unpad 2013, yaitu Inovasi Teknologi, Inovasi Ekonomi Kreatif, dan Rekayasa Sosial. Kategori Inovasi Teknologi yang dimaksud adalah inovasi di seluruh bidang kehidupan yang dapat mengatasi sebagian masalah nasional serta memiliki daya ungkit terhadap kesejahteraan masyarakat. Pemenang kategori ini akan memperoleh penghargaan "Rucita Teknologi".
     
    Kategori Inovasi Ekonomi Kreatif adalah inovasi di Bidang periklanan, arsitektur, seni, kerajinan, desain, fashion, film, musik, seni pertunjukan, penerbitan, perangkat  lunak, mainan dan permainan, televisi dan radio, serta permainan video. Pemenang kategori ini akan memperoleh penghargaan "Rucita Ekonomi Kreatif".
     
    Sementara kategori Rekayasa Sosial yang dimaksud adalah upaya berkelanjutan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok masyarakat untuk menyelesaikan masalah penting dan mendesak dengan penuh tanggung jawab dan acapkali disertai pengorbanan moril dan materil untuk perbaikan kualitas kehidupan. Pemenang kategori ini akan memperoleh penghargaan "Rucita Rekayasa Sosial".
     
    Penilaian kategori inovasi pada anugerah ini didasarkan pada kriteria orisinalitas, inovasi, inspirasi, manfaat dan dampak bagi masyarakat. Sedangkan penilaian pada kategori rekayasa sosial didasarkan pada aspek dedikasi, kreativitas, inspirasi, manfaat, dampak dan pengakuan dari masyarakat. 
     
    Penilaian akan dilakukan oleh tim penilai yang terdiri atas pakar dari Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, Instiut Pertanian Bogor, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Sosial, serta pemerhati inovasi dan rekayasa sosial bertaraf nasional. Setiap pemenang akan mendapatkan sertifikat, trofi, dana pembinaan, serta kesempatan untuk menyampaikan kuliah umum di Unpad.
     
    Penilaian karya inovasi dan rekayasa sosial akan dilakukan melalui dua tahap:Tahap I: Evaluasi formulir pendaftaran. Tahap II: Verifikasi lapangan untuk para peserta yang lolos tahap I (Parno)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus