Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    UMK Kab Karawang, Rp 2.447.450

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/hingga_subuh_Depekab_melakukan_diskusi_penentuan_KHL_dan_UMK.jpg
    KARAWANG-Setelah melalui proses yang beberapa kali deadlock rapat selama 2 hari lamanya (18-19/11) bahkan hingga (20/11) dini hari pukul 06:11, baru menghasilkan kesepakatan, Bupati Ade Swara bersama Depekab  Karawang (Dewan Pengupahan Kabupaten Karawang) yang terdiri dari Serikat pekerja, Apindo dan berbagai unsure pemerintahan, mereka yang tergabung di dalam itu terkait menentukan UMK Kab Karawang menjadi : Rp.2.447.450 Rupiah, UM TSK : Rp 2.451.225 Rupiah UMKU 1: 2.496.375 Rupiah UMKU 2 : 2.624.000 Rupiah dan terakhir UMKU 3 :  2.814.590 Rupiah.
     
    selama proses berlangsung diskusi Depekab Buruh sampai menginap di plasa kantor Bupati, dan tepat pukul 06:24 pagi hari Bupati bersama Kapolres mendampingi, keluar menyampaikan kepada para buruh mengenai hasil diskusi, dan angka rekomendasi ini akan dikirim dengan segera kepada Gubernur Jawa Barat Ujar Bupati
     
    Dari survey Angka Kebutuhan Hidup Layak Kabupaten Karawang Tahun 2013 yaitu Rp. 2.102.000, dari sebelumnya tahun 2012 Angka Kebutuhan Hidup layak itu Rp. 1.690.502, untuk itu UMK kabupaten Karawang sendiri naik 20 % lebih, dari 2 Juta Rupiah menjadi sekitar 2,4 Juta Rupiah di tahun 2014.
     
    Kenaikan UMK 2013 Kabupaten Karawang, tersebut akan segera diajukan Dewan Pengupahan Kabupaten Karawang kepada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan untuk ditetapkan paling lambat akhir Tahun ini dan disahkan dengan keluarnya SK Gubernur Jawa Barat.
     
    Sebagai bentuk dukungan kepada para buruh, Bupati Karawang, H. Ade Swara pun turut menemui para buruh. Bupati sendiri bersama Plt Sekda, Kadisnaker beserta jajarannya ikut begadang  hingga pagi hari menunggu hasil diskusi Depekab.
     
    Usai menemukan kesepakatan, Bupati Ade Swara menaiki mobil komando dan menyatakan bahwa kita perlu kearifan, yang kita bicarakan hasil kesepakatan ini bukan hanya menyangkut keperluan pribadi ataupun kelompok akan tetapi masih ada saudara saudara kita yang sampai saat ini masih membutuhkan pekerjaan. Jadikan tolak ukur itu untuk kita sama sama bersyukur, jelas bupati.
     
    Terakhir Bupati berpesan sekaligus berharap seluruh buruh di Kabupaten Karawang untuk senantiasa menjaga situasi kondusif di Kab. Karawang bekerjalah dengan sungguh sungguh tunjukan bahwa kita semua bisa dan layak di beri upah senilai tersebut. Ujarnya
     
    Menurut salah satu Buruh yang unjuk rasa yang bernama Rasya Hilmawan untuk menyikapi hasil rapat penentuan UMK dirinya mengucapkan syukur Alhamdullilah akhirnya perjuangan kita unjuk rasa selama 3 hari berturut-turut sejak senin sampai hari ini rabu sampai nginap kami di hari akhir dan berbasah basah terkena hujan, di Plasa Pemda Kabupaten Karawang telah menghasilkan angka nominal yang disetujui dewan pengupahan dan Pemerintah Kabupaten Karawang yaitu UMK Rp 2,4 Juta.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus