Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Anang : Cintailah Puspa dan Satwa

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/anang1.jpg
    BANDUNG-Kepala BPLHD Anang Sudarna, HCPSN merupakan event lingkungan tahunan yang diperingati setiap tanggal 5 November di seluruh Indonesia, bertujuan mengajak masyarakat agar lebih mencintai puspa dan satwa serta memahami peran dan fungsinya di dalam lingkungan dan dalam mendukung kehidupan umat manusia.
     
    Peringatan HCPSN merupakan event lingkungan tahunan yang diperingati setiap tanggal 5 November di seluruh Indonesia. HCPSN sendiri bertujuan untuk mengajak masyarakat agar lebih mencintai puspa dan satwa serta memahami peran dan fungsinya di dalam lingkungan dan dalam menddukung kehidupan umat manusia. Sampai saat ini, sudah banyak peningkatan kesadaran masyarakat, namun belum mencapai pada tingkat pemahaman akan pentingnya peran puspa dan satwa (flora dan fauna) di dalam keseimbangan lingkungan hidup. Hal ini dibuktikan masih maraknya perburuan dan perdagangan satwa dan puspa (langka).
     
    Dalam rangka Peringatan HCPSN tahun ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memberikan penghargaan lingkungan tingkat Provinsi Jawa Barat (Raksa Prasadha 2013), kepada Masyarakat, Institusi/Lembaga, Kabupaten/Kota dan Dunia Usaha Yang Peduli Pada Lingkungan. Terdapat 179 Penerima Penghargaan yang akan diserahkan oleh Bapak Gubernur Jawa Barat.
     
    179 Penerima Penghargaan ini terbagi dalam beberapa kategori, yaitu: 136 Penerima Penghargaan untuk Kategori Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL), 19 Penerima Penghargaan untuk Kategori Individu/Kelompok Masyarakat Peduli Lingkungan, 2 Penerima Penghargaan untuk Kategori Kantor Berwawasan Lingkungan, 13 Penerima Penghargaan untuk Kategori Industri Berwawasan Lingkungan, 3 Penerima Penghargaan Untuk Kategori Pemerintah Daerah Nominasi Peserta Program Menuju Indonesia Hijau, 3 Penerima Penghargaan Untuk Kategori Pemerintah Daerah Peyusun Terbaik Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) Tahun 2012, dan 3 Penerima Penghargaan Untuk Kategori Program Kampung Iklim (PROKLIM) Tahun 2012.
     
    Sementara itu untuk menambah semarak acara, HCPSN 2013 akan dikemas dalam beberapa kegiatan, antara lain: Pameran Lingkungan, Pemutaran Film Lingkungan, Biodiversity Fun and Quiz, Dongeng Anak, Belajar Mendaur Ulang Sampah dan Panggung Hiburan, serta aktivitas lainnya. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dan dukungan dari berbagai lembaga/institusi, antara lain: institusi yang berpartisipasi mengisi stand pameran, atau memberikan dukungan fasilitasi dalam berbagai bentuk, antara lain sebagai berikut di bawah ini.
     
    Bank Jabar-Banten
    Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jabar
    Taman Hutan Raya Ir. H, Juanda
    PT. Star Energy Geothermal
    Pertamina Geothermal Energy
    Pertamina EP Jatibarang
    Pertamina
    PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.
    PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia
    PT. Suryaraya Rubberindo Industries
    PT. Chevron Geothermal Energy
    PT. Indonesia Power UBP Saguling
    PT. Indorama Synthetics Tbk
    Sea World Indonesia
    PT. Sumiden Serasi Wire Products
    PT. Tirta Investama Cianjur Plant
    Royal Safari Garden Hotel
    Kebun Binatang Bandung
    Yayasan Kontak Indonesia
    WWF Indonesia
    WALHI Jabar
    BICONS dan YPAL
    Bird Life Indonesia
    Bandung Birding
    Himabio UPI “Formica”
    Himabio UNPAD
    Himabio ITB “Nymphaea”
    SMAN 19 Bandung
    SD dan SMP Cendekia Muda Bandung
    Penyuluh Lingkungan BPLHD Jabar
    Kampung Iklim Kabupaten Cirebon dan Tasikmalaya
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus