Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ade Swara : Jabar Harus Siap Datangnya Era Ekonomi ASEAN

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Forum-Ekonomi-Jabar-1.jpg
    KARAWANG-Bupati Karawang, H. Ade Swara menghadiri kegiatan seminar ekonomi yang diselenggarakan oleh Forum Ekonomi Jawa Barat dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Rabu (27/11). Dalam seminar yang berlangsung di Kota Bukit Indah Plaza Hotel, Kabupaten Purwakarta tersebut, Bupati Ade Swara turut menyampaikan pandangannya terkait dengan tema seminar yakni “Kesiapan Jawa Barat dalam Menghadapi Ekonomi Masyarakat ASEAN 2015”.
     
    Bupati Ade Swara dalam kesempatan tersebut mengemukakan pentingnya kesiapan Jabar dalam menghadapi datangnya era ekonomi masyarakat ASEAN yang akan berlangsung mulai tahun 2015 mendatang. Terlebih bila dilihat secara seksama, masih banyak negara ASEAN yang belum siap untuk menyongsong era tersebut, dan bangsa Indonesia mungkin menjadi salah satu negara tersebut.
     
    Namun demikian, lanjut Bupati Ade Swara, masih terdapat sisa waktu selama dua tahun bagi kita untuk mempersiapkan diri menghadapi era tersebut. Upaya memanfaatkan kurun waktu dua tahun tersebut tentunya menuntut peran serta semua pihak, untuk bagaimana memberdayakan masyarakat dan industri kita untuk siap dalam menghadapi era ekonomi masyarakat ASEAN.
     
    Atas dasar tersebut, Bupati Ade Swara menyambut baik inisiatif yang diselenggarakan oleh Forum Ekonomi Jawa Barat melalui kegiatan seminar nasional ini. “Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, dapat dihasilkan berbagai catatan dan rekomendasi yang sangat bermanfaat untuk mempersiapkan masyarakat dan Industri sehingga mampu menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang muncul di era ekonomi masyarakat ASEAN,” tambahnya.
     
    Sementara itu, Ketua Forum Ekonomi Jawa Barat, Jajat Priat Purwita menjelaskan bahwa forum ini merupakan sebuah forum independen yang berisikan para pengusaha, tokoh masyarakat, serta kalangan akademisi. Forum  tersebut dibentuk sesuai arahan dari Menteri Perindustrian Republik Indonesia, MS. Hidayat, sebagai wadah untuk melakukan kajian dan diskusi terkait berbagai isu dan permasalahan ekonomi yang berkembang saat ini.
     
    Hasil kajian tersebut, lanjut Jajat akan menjadi catan dan rekomendasi bagi para pemangku kepentingan yang ada di Indonesia. Sejalan dengan keberadaan Kamar Dagang dan Industri (KADIN), forum ini juga diharapkan dapat menjadi jembatan komunikasi dan tumbuhkan kesepahaman terhadap arah perkembangan ekonomi Jawa Barat. “Jadi dalam prakteknya, keberadaan forum ini tidak akan dikotomi dengan keberadaan KADIN,” tambahnya.
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus