Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemasangan Bendera Disorot Warga

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/bendera-merah-putih,-kpu-da.jpg
    CIMAHI-Pemasangan bendera kebangsaan Merah Putih, bendera KPU dan bendera partai politik peserta Pemilu 2014 di sepuluh titik se-Wilayah Kota Cimahi mendapat sorotan dari warga Kota Cimahi. Warga menilai pemasangan bendera merah putih disejajarkan dengan bendera KPU dan partai politik tidak sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan dan Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 1958 tentang Bendera Kebangsaan Republik Indonesia.
     
    “Sudah kurang lebih sebulan saya perhatikan, sepintas tidak ada yang aneh dengan berjajarnya bendera kebangsaan Indonesia Merah Putih yang dipasang disejajarkan dengan bendera partai politik. Saya juga tidak mengerti siapa yang punya inisiatif untuk memasang bendera-bendera tersebut di beberapa titik di Cimahi. Seingat saya waktu di SD diajarkan oleh guru PPKN bahwa pemasangan bendera Merah Putih (bendera kebangsaan Indonesia) ada aturannya. Tidak boleh disejajarkan dengan bendera organisasi/partai politik, kecuali dengan bendera Negara lain,” tulis Kuswara Purawijaya, warga Jalan Tirta Kencana VI Kav.AURI, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi seperti dimuat dalam Rubrik Surat Pembaca Pikiran Rakyat Edisi Kamis (28/11).
     
    Kuswara Purawijaya mengingatkan kepada yang memasang bendera tersebut agar melihat Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 1958 tentang Bendera Kebangsaan Indonesia. Bab IV Pasal 26 ayat 1 huruf a; jika hanya ada sebuah bendera atau panji-panji organisasi, maka bendera kebangsaan di pasang di sebelah kanan. Huruf b; jika ada dua atau lebih dari dua buah bendera atau panji-panji organisasi, maka bendera kebangsaan ditempatkan di muka baris itu di tengah. Huruf d: bendera kebangsaan harus tampak lebih besar dan dipasang lebih tinggi daripada bendera atau panji-panji organisasi.
     
    Hal tersebut, lanjut Kuswara, dipertegas dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara,s erta Lagu Kebangsaan. Bagian ketiga Tata Cara Penggunaan Bendera Negara pasal ayat 1 huruf a.b.d. dan ayat 2.
     
    Berdasarkan pantauan jabarprov.go.id Kamis, bendera kebangsaan Merah Putih, bendera KPU Kota Cimahi dan bendera partai politik peserta Pemilu 2014 yang dipasang pihak KPU itu, terdapat di sepuluh titik se-Wilayah Kota Cimahi antara lain di Jalan Amir Machmud dekat ujung Timur Jalan Kebon Kopi, pertigaan Jalan Cihanjuang dan Depan Aluh-alun Kota Cimahi. Posisi bendera merah putih sejajar dengan bendera KPU dan bendera 12 Partai Politik Peserta Pemilu 2014.
     
    Sekretaris KPU Kota Cimahi, Dani Bastian yang diminta konfirmasinya oleh jabarprov.go.id, Kamis (28/11) sore menyatakan pihaknya kan mengevaluasi pemasangan bendera tersebut.
     
    “Insya Alloh kita evaluasi lagi, kemungkinan kita robah,” kata Dani Bastian melalui SMS kepada jabarprov.go.id, Kamis (28/11) pukul 16.07 WIB. (enal)
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus