Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub Tutup Gotrasawala

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_00992.jpg
    BANDUNG-Setelah tiga hari rangkaian kegiatan Gotrasawala digelar, Wakil Gubernur Deddy Mizwar menutup Gotrasawala, di Gedung Merdeka Bandung, Sabtu malam (7/12).
     
    Dalam sambutannya Wagub Deddy Mizwar menguraikan selama tiga hari Gotrasawala 2013 dimaknai sebagai forum titik temu pemikiran dan eksplorasi intelektualitas untuk menggali keluhuran, keunggulan dan kekayaan sejarah peradaban bangsa. "Gotrasawala adalah sebagai ajang unjuk karya kratifitas dan inovasi seni," katanya.  
     
    Melalui seminar yang melibatkan narasumber dari kalangan intelektual dan kreator seni mancanegara, nasional dan Jawa Barat, Gotrasawala menurut Wagub, telah berbagi pemikiran, pengetahuan dan pengalaman dikalangan budayawan. 
     
    "Ini dimaksudkan untuk mengungkap kembali dan mengembangkan identitas serta martabat sebagai masyarakat Jawa Barat khususnya ditengah dinamika transformasi peradaban nasional dan dunia," paparnya.  
     
    Deddy menguraikan, Pembahasan mengenai Gunung Padang diawali dengan berkunjung ke situs arkeologi tersebut, lalu membahasnya dengan pendekatan ilmu pengetahuan dan teknologi secara multidisiplin. "Penelitian tersebut sebagai proses awal upaya kita  menggali peradaban masa lalu dengan metode dan cara masa kini, bagi kepentingan peradaban masa depan," jelasnya. 
     
    "Kita bersyukur, Gubernur Jabar secara gamblang menegaskan sebagai suatu ikhtiar penelitian harus dituntaskan, penegasan tersebut memberi isyarat bahwa Pemprov Jabar mempunyai komitmen menjadikan penelitian sebagai manifestasi kecerdasan kolektif dalam menemukan kebenaran dan sekaligus nilai peradaban sesungguhnya di masa lalu," tambah Deddy.
     
    Deddy meyakini, melalui penelitian secara multi disiplin dapat menapaki jalan panjang peradaban masa lampau, masa kini dan masa depan secara lebih lengkap.
     
    Disamping menggelar seminar internasional, Gotrasawala 2013 juga telah membuka ajang kolaborasi gagasan dan daya cipta kreatif seni antara kreator seni Jawa Barat dengan kreator seni mancanegara. Ini menandakan Gotrasawala telah membuka ruang kreatifitas dan inovasi pertenunjukan tidak lagi berdimensi lokal.
     
    Sementara Franky Raden, Tim kreatif, mengungkapkan rasa syukurnya bahwa kegiatan Gotrasawala 2013 walaupun dengan persiapan yang relatif singkat kegiatan dapat berlangsung dan mendapat respons positif dari berbagai pihak, dan para ahli dari mancanegara.
     
    "Alhamdulillah melalui Gotrasawala 2013 kita mendapat pengetahuan baru untuk melihat koneksi ilmu pengetahuan secara kreatif dan inovatif dalam melihat masa depan yang lebih baik," ungkapnya.
     
    Pada gelaran Gotrasawala juga ditampilkan karya kolaborasi seni Jawa Barat dan mancanegara di bidang teater, musik (karinding)  dan tari (topeng banjet), penutupan pamungkas oleh penampilan  kesenian tradisional Beluk   oleh Panglima group carita "Ciung Wanara". 
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus