Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    KY Tindaklanjuti Laporan Pelanggaran Hakim

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/IMG_0098-new.jpg
    BANDUNG. Komisi Yudisial (KY) dalam merespon penegakkan hukum, concern menindaklanjuti laporan soal pelanggaran yang dilakukan hakim. Hal tersebut, diungkapkan Anggota KY, Firmansyah Arifin dalam keterangannya kepada wartawan di sela-sela peringatan Hari Anti Korupsi di Gedung GIM, Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Bandung (9/12).
     
    Firmansyah lebih lanjut memaparkan, dari tahun 2005, pihak KY telah menerima laporan dari masyarakat soal dugaan pelanggaran yang dilakukan oknum hakim. Jumlah laporan kasus dari tahun 2005 sampai tahun 2013 berjumlah 2000 laporan. Khusus di tahun 2013, laporan kasus tersebut mencapai 1.200 laporan.
     
    Berkenaan dengan laporan tersebut, KY melakukan klarifikasi. Dari jumlah seluruh laporan kasus hanya 10 % yang sudah diproses karena laporannya sudah dilengkapi dengan data yang akurat, jelas Firmansyah.
     
    Kasus yang ditangani, paling banyak merupakan kasus pelanggaran etika.
     
    Sementara itu, untuk kasus berat seperti pelanggaran hukum seperti kasus hakim terima suap, akan menjatuhkan sanksi yang berat diantaranya pemecatan sebagai aparatur lembaga peradilan. (Nur).
           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus