Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Pacu Eksplorasi Potensi Perikanan dan Kelautan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_7886.jpg

    BANDUNG- Pemprov. Jabar, sejalan dengan peringatan Hari Nusantara Tahun 2013, yang mengangkat tema “setinggi langit sedalam samudera” siap memacu eksplorasi potensi perikanan dan kelautan. Hal demikian, ditegaskan Kadis Perikanan dan Kelautan Jabar, Djafar Ismail dalam keterangannya kepada wartawan di sela-sela Peringatan Hari Nusantara tahun 2013, di Gedung Sate (16/12).
     
    Djafar, lebih lanjut memaparkan eksplorasi potensi perikanan dan kelautan diakui hingga saat ini belum tergali secara maksimal. Salah satu penyebabnya, nelayan dalam kegiatan penangkapan ikan masih terbatas, area yang dipergunakannya banyak terfokus pada area sekitar pantai, padahal potensi tersebut lingkupnya masih luas tidak hanya di sekitar pantai semata.
     
     Oleh karenanya, dalam rangka perluasan eksplorasi penangkapan ikan, Pemprov. Jabar untuk tahun ini memberikan bantuan kepada nelayan yaitu beberapa unit kapal besar berukuran 30 GT. Bantuan Converter dengan jenis bahan bakar gas juga difasilitasi di tahun ini dengan sasaran nelayan bisa melalukan efisiensi biaya dalam penangkapan ikan.
     
    Di sisi lain, nelayan sampai saat ini masih menghadapi kesulitan dalam hal permodalan. Fasilitasi dari pemerintah seperti skim kredit agrbisnis  bagi nelayan , banyak  yang belum dimanfaatkan oleh nelayan karena terbentur aturan yaitu pesyaratan agunan.
     
    Untuk merespon masalah tersebut, pemerintah menyiapkan program Sertifikat atas  Tanah Kepada  Nelayan. Dengan fasilitasi ini, nelayan yang membutuhkan agunan untuk pengajuan kredit dapat mempergunakan sertifikat tersebut sebagai agunan dalam pengajuan kredit.
     
    Djafar, dalam bagian lain keterangannya memaparkan dalam rangka memacu eksplorasi potensi perikanan dan kelautan juga dibina para nelayan dalam budidaya potensi perikanan baik ikan tangkap maupun budidaya ikan tawar.
     
    Tentang pencapaian kinerja eksplorasi potensi perikanan dan dan kelautan rata-rata baru mencapai 70% sampai 80%. Jumlah produksi ikan, berdasarkan  angka sementara di Jabar di tahun 2013 mencapai 980.000 ton. Diharapkan di tahun 2014 mendatang bisa mencapai 1,1 juta ton.
     
    Sementara itu, ujar Djafar, kondisi ikan dengan posisi dollar Rp.12.000,- seperti yang terjadi akhir-akhir ini, untuk jenis  ikan ekspor menguntungkan nelayan karena harga ikan mengalami kenaikan sehingga dengan kondisi ini rata-rata pendapatan nelayan tembus pada Rp.2,5 juta per bulan. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus