Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub : Potensi Laut Jawa Barat Harus Maksimal Diberdayakan

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_7893.jpg

    BANDUNG --- Wakil Gubernur Jawa Barat menyatakan, sesuai tema peringatan Hari Nusantara "Setinggi Langit Sedalam Samudera Potensi Pariwisata dan Kreativitas Nusantara Yang Tak Terhingga"  kita harus berupaya, kreatif dan inovatif untuk memberdayakan potensi Laut Jawa Barat, bukan hanya hasil laut. Ini ditegaskannya pada Peringatan Hari Nusantara Tk. Provinsi Jawa Barat, di halaman Gedung Sate, Senin (16/12).

    Pada peringatan ini, Deddy Mizwar membacakan  sambutan Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo yang menyampaikan agar pembangunan bidang kelautan dapat memberikan manfaat optimal bagi kesejahteraan masyarakat, secara terintegrasi hindari konflik vertikal dan  horizontal.

    Menurutnya, sudah saatnya perencanaan pembangunan kelautan Indonesia mengadopsi pembangunan yang berbasis ekonomi biru (blue economy).

    Dengan Blue economy,  diharapkan mampu menyelaraskan kepentingan sosial- ekonomi dan ekologi, sehingga pemanfaatan sumbetdaya kelaautan tidak menimbulkan kerusakan lingkungan.

    Pada kesempatan tersebut Wagub Deddy Mizwar menyerahkan  penghargaan kepada pemenang lomba dan nelayan berprestasi  diantaranya lomba masak; lomba UMKM Tingkat Provinsi; lomba Kelompok Masyarakat pengawas (Pokmaswas) bidang Pengawasan Penangkapan dan Budidaya.

    Wagub juga menyerahkan  bantuan berupa Kapal Inkamina kepada 1). KUB Purug Kec. Cisolok Pelabuhan Ratu Sukabumi; 2). KN Undang Mutiara 14 Ds. Pamalayan Kec. Cikelet Kab. Garut; 3). KUB Teripang Ds. Cikawung Gending Kec. Cipatujah Kab. Tasikmalaya; 4).  KUB Kepiting Mas Ds. Mundu Pesisir Kec. Mundu Kab. Cirebon;

    Bantuan Fish finder dan conventer kepada  KSU Mina Bahari Ds. Legok Jawa Kec. Cimerak Kab. Pangandaran;
    Serta  penghargaan diberikan kepada kelompok Budidaya Ikan (ikan mas, lele, ikan hias, udang, rumput laut), Unit Pembenihan Rakyat,Unit Pengelola Teknis Daerah Balai Pengembangan Produksi Budidaya Air Tawar (BPPBAT) Singaparna Ds.Jaya Mukti, Kec. Leuwi Sari Kab. Tasikmalaya, serta  laboratorium kesehatan ikan dan lingkungan Balai Pengembangan Budidaya Air Payau dan Laut Ds. Pusakajaya Utara Kec. Cilembar Kabupaten Karawang.

    Kepala Dinas Perikanan dan kelautan Provinsi Jawa Barat Jafar Ismail, menjelaskan  Potensi perikanan Jawa Barat, dengan luas laut sekitar 289.800 Km2 termasuk Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.  Target penangkapan  ikan tahun 2013 sebesar  985 ribu ton sedangkan 1,1 juta ton.

    Menurut Jafar Ismail Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan  bantuan kapal  pada nelayan dimaksudkan agar nelayan dapat mengekspoitasi potensi laut lebih luas dan baik.

    Disamping itu kepada nelayan juga diberikan bantuan conventer  dimaksudkan untuk menghemat biaya BBM dengan beralih ke gas dapat menghemat biaya sampai 30 persen dari sebelumnya.

    Jafar juga melaporkan Provinsi Jawa Barat pada Adibakti Minabahari Tingkat Nasional telah meraih juara I pada 5 kategori,  serta  telah membina kerjasama dengan Tim dari Kota Ishinomaki- Jepang lulusan SMK perikanana dan nelayan yang lulus audisi sebanyak 21 orang akan diikutsertakan magang pada kapal penangkapan ikan di Jepang selama 3 tahun rencana pemberangkatan Mei 2014.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus