Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    BBKSDA Jabar Tinjau Model Desa Konservasi

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_7899.jpg

    KAB. BANDUNG – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Wilayah Jawa Barat meninjau lokasi Model Desa Konservasi (MDK) di Desa Sugihmukti Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung, Selasa (17/12). 

    Peninjauan dilakukan untuk memperkenalkan kepada masyarakat melalui media Model Desa Konservasi binaan dari BBKSDA itu.

    “Di sini adalah salah satu contoh Desa hutan yang berhasil menjadi Desa Konsevasi setelah kita lakukan pembinaan. Yang tadinya sebagian masyarakat melakukan perambahan, dengan pembinaan secara terus menerus, mereka saat ini malah berbalik menjaga dan memelihara hutan” ujar Ketua BBKSDA Jabar Joko Prihatno.

    Menurut Joko, pendekatan yang dilakukan BBKSDA adalah pendekatan ekonomi. Perambahan hutan dilakukan masyarakat karena alasan ekonomi.

    “Perambahan itu dilakukan karena alasan ekonomi, maka untuk menghentikan itu, kita lakukan pendekatan ekonomi. Masyarakat kita ajarkan bagaimana mengolah sampah, komposting dan juga peternakan. Dengan cara itu mereka berhenti merambah hutan karena sudah mendapat penghasilan dari kegiatan ekonomi lainnya” katanya.

    Di Jawa Barat sendiri saat ini sudah dibentuk dan dibina sekitar 12 Model Desa Konservasi, dan akan dikembangkan terus. Langkah ini selain untuk menjaga kelestarian hutan, juga untuk pelestarian sungai Citarum.(rep-pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus