Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Diskanlut Karawang Bebersih Pesisir

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_7904.jpg

    KARAWANG-Dalam rangka menggugah kesadaran, tekad dan semangat dalam melestarikan laut, dan dalam rangka Hari Nusantara, dilakukan kegiatan bebersih pesisir pantai ( laut ) di laut sekitar Kecamatan Pedes dan Kec Cilebar Kab Karawang, selasa (17/12). Pelaksanaan bebersih itu dilakukan usai apel Hari Nusantara.Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan dari dinas Perikanan dan Kelautan Kab Karawang berasal dari APBD Karawang 2013.
     
    Bupati Karawang dalam sambutannya diwakili oleh Asisten Pembangunan H. Ramon W Laksana, mengatakan, atas nama Pemerintah daerah mengucapkan “selamat” dan “terima kasih” kepada seluruh komunitas dan pelaku perikanan di kabupaten Karawang karena beberapa waktu lalu kabupaten karawang berhasil mendapatkan penghargaan “Adibakti Mina Bahari tahun 2013” dari kementerian kelautan dan perikanan RI atas prestasi kabupaten Karawang di bidang pengembangan sumber daya manusia kelautan dan perikanan.
     
    Bupatipun mengajak, sehubungan dengan peringatan hari Nusantara tingkat kabupaten Karawang tahun 2013, saya ingin seluruh masyarakat kabupaten karawang, khususnya mereka yang berada di wilayah pesisir agar menggugah kembali kesadaran, tekad, dan semangat untuk melihat laut sebagai potensi dan masa depan kabupaten karawang, yang perlu dikembangkan dengan sungguh-sungguh, demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
     
    Sementara Assda II, juga sedikit menjelaskan bahwa di kabupaten Karawang sendiri, tingginya potensi bahari tersebut dapat dilihat tidak hanya dari panjangnya garis pantai yang terhampar pada 9 kecamatan pesisir dan 34 desa pesisir, melainkan juga dari areal tambak seluas 18.273 hektar, kolam seluas 1.279 hektar, mina padi seluas 10.580 hektar, dan 22 unit kolam jaring apung.

    Selain itu, kabupaten karawang pun memiliki berbagai sarana pendukung pengembangan potensi kelautan, yang antara lain terdiri dari 1.381 rumah tangga perikanan, dan 7.595 rumah tangga buruh perikanan, serta 12 unit tempat pelelangan hasil sumber daya laut.
     
    Itu semua  sejalan dengan visi “Karawang Sejahtera Berbasis Pembangunan Berkeadilan, Dilandasi Iman Dan Taqwa.”

    Pemerintah kabupaten karawang terus berupaya mengembangkan dan meningkatkan kualitas pengelolaan potensi sumber daya kelautan dan perikanan melalui berbagai program dan kegiatan pembangunan, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi ketersediaan pangan, dimana pada tahun 2012 lalu produktivitas bidang perikanan di kabupaten karawang mencapai 47.109 ton
     
    Mengenai bersih bersih pantai bupati menilai pesisir pantai kabupaten Karawang memiliki berbagai potensi lain yang dapat dikembangkan. Salah satunya adalah dari segi estetika, yang apabila dikelola dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan dapat menghasilkan pendapatan asli daerah dari sektor perikanan dan pariwisata.
     
    Potensi lain yang tidak kalah penting adalah potensi mangrove sebagai habitat ikan, yang di kabupaten karawang jumlahnya cukup luas yaitu mencapai 9.983 hektar. potensi ini tentunya perlu kita perhatikan lebih dalam, karena kondisi hutan mangrove di kabupaten karawang tersebut hampir setengahnya dalam kondisi rusak. untuk itu, saya berharap jajaran dinas perikanan dan kelautan kabupaten Karawang untuk dapat turut berperan aktif dalam mengatasi permasalahan tersebut
     
    Pada peringatan tersebut diserahkan bantuan antara lain: Perahu pengawasan kepada Pojok masyarakat pengawas (Pokmaswas) nelayan Sejahtera dan Nelayan samudera Mina, Bangunan dan mebeler bagi kantor nelayan, MCK, Cool Box, Mesin Perahu Motor, Mesin Sedot pasir, Alat Pengolahan, Mangrove, Sertifikat Hak atas tanah Nelayan, Mesin Pompa Air, dan terakhir Mesin bower. apel tersebut dihadiri juga Menwa STP Jakarta dan perwakilan Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, untuk bersih bersih pantai di galakan juga di awali dengan Asisten Pemerintahan yang juga hadir, Asisten Pembangunan beserta  Kadis Perikanan dan Kelautan Kab Karawang beserta jajaran.
     
    dalam laporannya Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kab Karawang Yayat Supriatna mengatakan peserta hari Nusantara Tk Kab Karawang ini antara lain OPD terkait, STP Jakarta, SKM Global Marine, Kelompok Nelayan,, acara nya bersih pantai penyerahan bantuan dan upacara, sumber dana dari APBD Kab Karawang tahun 2013 dan sponsor dari PT Pertamina, dasar dilakukan ini merujuk kepada Inpres No 126 Tahun 2001, Kepmen Kelautan dan Perikanan RI No 3 Tahun 2013 dan Surat Mendagri No 003.3/7699/SJ tentang himbauan peringatan hari Nusantara, maksud dan tujuan agar kita harus memandang laut sebagai masa depan bangsa Indonesia. (IKI)

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus