Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Karawang Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Lodaya

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_7916.jpg

    KARAWANG-Jelang hari raya Natal dan tahun baru 2014 serta guna terciptanya KAMTIBMAS di daerah Kabupaten Karawang, POLRES Karawang mengelar Apel Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2013 yang dilaksanakan dilapang Karang Pawitan Kec Karawang Barat, Jumat (20/12). Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Kapolres Karawang, AKBP Tubagus Ade Hidayat. Turut di hadiri Bupati Karawang H. Ade Swara. Adapun peserta apel terdiri dari Unsur Pimpinan Daerah, para Pejabat Instansi Sipil, TNI, Polri serta para undangan.

    Dalam sambutannya, Inspektur upacara, Ade Hidayat mengatakan, “Gelar pasukan yang diselenggarakan secara serentak dari seluruh Satuan di-Kewilayahan pada hari ini, merupakan bentuk kesiapan semua Unsur perkuatan yang terlibat. Ini merupakan bukti kesiapan dan kesadaran dari semua unsur pelaksana Operasional untuk menyelaraskan pemikiran, Komitmen, upaya dan semangat guna memberikan jaminan rasa aman bagi seluruh warga Masyarakat sehingga tahapan kegiatan Natal dan Tahun Baru 2014 dapat diselenggarakan dengan aman, nyaman dan lancar,” ujarnya.

    Lanjutnya, “ Hari Natal sebagai hari besar Keagamaan bagi Umat Kristiani, akan dilalui dengan berbagai bentuk Peribadatan di Gereja maupun di tempat-temoat lain, demikian juga perayaan  Tahun Baru 2014 juga akan diisi dengan berbagai kegiatan hiburan serta Mobilisasi Massa dalam jumlah besar yang terkonsentrasi pada pusat-pusat aktivitas maupun lokasi tertentu” jelasnya.

    Kapolres Karawang juga menyampaikan situasi dan kondisi tersebut diatas, tentu menyimpan berbagai potensi gangguan dan kerawanan sesuai analisa dan Evaluasi  pelaksanaan Operasi Lilin  di seluruh wilayah Indonesia dua tahun lalu. 

    Komparasi data menunjukan trend pada beberapa gangguan KAMTIBMAS seperti: Perkelahian, Penganiayaan, Pencurian dengan kekerasan, Pencurian dengan Pemberatan dan pencurian Kendaraan Bermotor. Oleh karena itu, Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai Kegiatan Rutin Tahunan Biasa, yang cenderung mendorong untuk UNDER ESTIMATE dan mengurangi tingkat kesiapan serta kewapadaan kita, sebaliknya harus dijabarkan sebagai operasi Kepolisian yang penting, Krusial dan sangat serius sehingga memerlukan langkah-langkah Antisipasi melalui perencanaan, kesiapan yang matang dan tindakan yang tepat, demikian Kapolres Ade Hidayat.

    Setelah melakukan Penyematan Pita secara simbolis kepada anggota Pengamanan Operasi LIlin Lodaya 2013, Kapolres, dan Bupati Karawang, serta unsur Muspida melakukan Pengecekan pasukan pada Apel tersebut.

    Pada Operasi tersebut, POLRI akan melibatkan 101.540 Personel gabungan yang terdiri dari: 82.723 Personel POLRI, 3.793 Personel TNI, 15.024 Instansi terkait, serta komponen Masyarakat lainya. Gabungan Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.887 Pos Pengamanan dan 754 Pos Pelayanan yang tergelar diberbagai lokasi Perayaan Natal dan Tahun Baru di seluruh Indonesia, seperti tempat-tempat Ibadah, Obyek wisata, jalur Lalu Lintas Orang dan barang, serta lokasi yang menjadi pilihan Masyarakat dalam merayakan pergantian Tahun. (@opa)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus