Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Unpad Gelar ”Pop Sunda ti Mangsa ka Mangsa”

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_7935.jpg

    BANDUNG-Universitas Padjadjaran akan menyelenggarakan ”Pop Sunda ti Mangsa ka Mangsa” dalam Pidangan Seni Budaya Rumawat Edisi ke-65, mulai hari ini, Selasa (24/12) bertempat di Grha Sanusi Hardjadinata (Aula Unpad) Jl.Dipati Ukur No.35 Bandung.

    Pop Sunda mencapai puncak kejayaan di tahun 1960-an, dimana pada saat itu cukup banyak penyanyi Pop Sunda yang berasal dari daerah luar Sunda. Sebut saja Elly kasim (Peuyeum Bandung), Oslan Husein (Sorangan Wae), dan Ivo Nilakreshna (Ka Huma) yang berasal dari Sumatera Barat. Kemudian Tutty Soebardjo (Anteurkeun)  berasal dari Jawa Timur, serta Pattie Bersaudara (Kapungkur) berasal dari Maluku.

    Tidak hanya penyanyinya saja, musisi dan musik pengiringnya pun banyak yang berasal dari luar Sunda. Pada saat itu sangat banyak musisi dan grup band terkenal yang membuat album Pop Sunda, sebut saja Idris Sardi, Enteng Tanamal, Rudi Rusadi, Band Empat Nda, Band Zainal Combo dan banyak lagi.

    Ketua Tim Kesenian Unpad, Ayi Deni mengatakan, pada pagelaran ini, akan ditampilkan perjalanan pop sunda dari tahun 1950-an hingga sekarang dengan dikemas iringan musik sesuai dengan aslinya.

    “Penonton akan dibawa ke masa-masa kejayaan Pop Sunda era 1960-an, dimana pada saat itu lagu-lagu Pop Sunda selalu menjadi etalase pada album Piringan Hitam kompilasi (campuran) Pop Indonesia dan daerah.  Pop Sunda tahun 1960-an dianggap menjadi puncak kejaayan,” ujarnya.

    Menurut Ayi, di pagelaran ini kita berusaha menampilkan keasliannya dari sisi aransemen musik juga dari sisi penyanyi.
     “Jadi kalau masyarakat sekarang lebih tahunya dari era Nining Meida dengan lagu Kalangkang, di sini kita ingin memberikan referensi dari tahun-tahun dulu,” ungkap.

    Acara ini pun bukan hanya sekadar menampilkan hiburan semata. Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia akan memberikan penjelasan, terkait perjalanan Pop Sunda dari masa kemasa. Acara ini gratis dan terbuka untuk umum.

    Di “Pop Sunda ti Mangsa ka Mangsa”, akan tampil sejumlah penyanyi dari tahun 60-an, seperti Tetty Kadi dan Iyar Wiyarsih (pengarang lagu “Mojang Priangan”), Bungsu Bandung, Rika Rafika, Rita Tila, Dinasti Darso (Yayan Jatnika, Asep Darso, dan Ujang Darso),  Ujang Supriatna, Mae Nurhayati, Novi Aksmiranti, Gilang Angga Gumelar, Dika Dzikriawan, Wahyi Sobari, Adang Cengos, Jiean Ajiyanpi Novalia, dan Ani Yuliani. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus