Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati : Siswa Berprestasi Dapat Beasiswa

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_7950.jpg

    KARAWANG-Prestasi anak didik  dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Kabupaten Karawang sangatlah layak di acungi jempol, hal ini terbukti saat diadakannya Gebyar 1001 Prestasi Pendidikan Kabupaten Karawang yang diadakan di Aula HUSNI HAMID Komplek Pemda Karawang,Selasa (24/12). 

    Acara tersebut juga diliput dan akan di tayangkan di salah satu Statsiun Televisi Swasta Nasional. Gebyar 1001 Prestasi ini turut dihadiri Bupati Karawang H.ADE SWARA. Prestasi yang di pamerkan dalam Gebyar ini meliputi Bidang Akademis, Budaya seni, religi,  sampai Bidang IPTEK,

    Dalam sambutannya Bupati Karawang mengatakan, “ Pendidikan merupakan sektor penting dan sangat berperan dalam pembangunan bangsa, untuk memperbaiki kondisi sekarang, hari esok dan masa depan ke arah yang lebih baik. Dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang “sistem pendidikan nasional” dicantumkan bahwa pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia indonesia seutuhnya. Perlu kita sadari juga, bahwa bangsa yang bercita-cita luhur dalam mengembangkan kehidupan yang bermartabat, dihargai dan dihormati oleh bangsa-bangsa yang lainnya, memerlukan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas” tutur nya.

    Berdasarkan data terakhir, untuk tingkat SD/MI terdapat sebanyak 1019 sekolah dengan jumlah siswa 260.168 siswa, tingkat smp/mts  sebanyak 199 sekolah dengan jumlah siswa 113.740 siswa, dan tingkat SMA/MA/SMK sebanyak 127 sekolah dengan jumlah siswa 78.105 siswa”,jelasnya.

    Dalam Kesempatan itu pula Bupati menginformasikan pula bahwa perkembangan Indeks Pembangunan Manusia (ipm) kabupaten karawang saat ini telah mencapai 70,76 sedangkan indikator pendukung pada bidang  pendidikan dalam hal ini angka melek huruf (amh) mencapai 93,26 dan rata-rata lama sekolah (rls) mencapai 7,15.

    Dalam upaya mengakselerasi perkembangan IPM tersebut, Pemerintah daerah terus berupaya untuk mendukung dan menunjang berbagai program yang diluncurkan pemerintah pusat, sehingga dapat tercipta kesesuaian dan keselerasan program pembangunan. salah satunya adalah dengan meluncurkan program biaya operasional perawatan dan fasilitas (bopf) dikdasmen sebagai bentuk pendampingan pendidikan menengah universal yang telah berlangsung mulai tahun 2013. 

    Dalam laporannya Kadisdikpora menyampaikan, acara ini  terselenggara atas dasar  memberi motivasi kepada Para Pelajar yang berprestasi untuk tetap mempertahankannya, dan untuk para Pelajar yang belum berprestasi agar lebih giat supaya bisa berprestasi seperti pelajar yang mengikuti gebyar ini. Acara tersebut menurutnya di biayai oleh APBD Kabupaten Karawang Tahun 2013. Untuk peserta sendiri berasal dari para Pelajar Sekolah Negri maupun swasta yang berprestasi. (@opa)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus