Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    HUT RS Mata Cicendo Bandung, Netty Dorong Sosialisasi Donor Mata

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_7994.jpg

    BANDUNG -- Ketua Bank Mata Cabang Utama Jawa Barat Netty Prasetiyani Heryawan hadiri Peringatan Hari Jadi Pusat Mata Nasional Rs. Mata Cicendo yang ke-105 Tahun di Rs. Cicendo Bandung, Jumat (3/1). Dalam sambutannya, Netty berharap keberadaan Rs. Cicendo akan semakin ada di hati masyarakat dan bermanfaat untuk masyarakat. 

    Pada kesempatan itu, Netty juga mendorong terus sosialisasi Gerakan Donor Kornea Mata dengan memberikan edukasi dan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

    Direktur Pusat Mata Nasional Rs. Mata Cicendo Hikmat Wangsa berharap di tahun sekarang dan tahun selanjutnya memiliki bank mata yang mapan. "Karena sekarang ini pencarian donor mata khususnya kornea sangat sulit didapatkan. Pendonoran mata ini sangat bermanfaat bagi orang yang membutuhkan ketika kita sudah meninggal nanti," katanya. 

    Hikmat menyebutkan, walaupun banyak informasi yang simpang siur tentang pendonoran mata ini tetapi sebenarnya hal tersebut tidak bertentangan dengan agama manapun. Salah satunya Fatwa MUI tahun 1979 dikatakan bahwa jika seseorang yang semasa hidupnya berwasiat akan menghibahkan kornea matanya sesudah wafat dengan diketahui, disetujui, dan disaksikan oleh warisnya, wasiat itu apat dilaksanakan dan harus dilakukan oleh ahli bedah.

    Dengan dibolehkannya mendonorkan mata, paparnya, maka harus disosialisasikan kepada masyarakat. "Pengertian dari Donor Mata yaitu suatu tindakan menyumbangkan sebagian mata (kornea/selaput bening mata) untuk dtransplantasikan pada orang lain," jelas Hikmat. 

    Untuk sosialisasi Netty Heryawan menyebutkan pemanfaatan posyandu yang tersebar di Kab/Kota Prov. Jawa Barat menjadi salah satu ajang sosialisasi tentang pemahanan dan informasi tentang donor mata kornea kepada masyarakat.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus