Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur Jabar Lantik Pejabat Bupati Cirebon

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8010.jpg

    BANDUNG. Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan (8/1) bertempat di Aula Barat Gedung Sate melantik Penjabat Bupati Cirebon. Adapun pejabat yang dilantik adalah. H. Daud Achmad, yang posisi saat ini menjabat sebagai  Staf Ahli Gubernur bidang  Pemerintahan.

    Pelantikan Penjabat Bupati Cirebon, dihadiri perwailan Muspida Jabar, Wakil Ketua DPRD Jabar, H. Uu Rukmana, Para Pimpinan OPD di lingkungan Pemprov. Jabar serta para pejabat Pemkab Cirebon.

    Gubernur,  dalam sambutannya pada acara pelantikan Penjabat Bupati Cirebon mengatakan pengangkatan Penjabat Bupati Cirebon dimaksudkan untuk mengisi kekosongan pimpinan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Cirebon karena Dedi Supardi dan Ason Sukasa selaku Bupati dan Wabup masa jabatan 2008-2013 telah habis masa jabatannya sejak 10 Desember 2013. Sementara itu, tahapan Pemilihan Bupati dan Wabup harus berlangsung dua putaran sehingga peralihan kepemimpinan di lingkungan Pemkab Cirebon tidak dapat berlangsung tepat waktu.

    Kondisi tersebut merupakan hal biasa, sebagai bagian dari kehidupan demokrasi dalam Penyelenggaraan Pemilukada. Untuk mengisi kekosongan pimpinan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Cirebon, sudah dilakukan sebelum habisnya masa jabatan Bupati dan Wabup Cirebon masa jabatan 2008-2013 yaitu dengan mengirimkan surat kepada Mendagri tanggl 5 Desember 2013.

    Namun, sampai habisnya masa jabatan Bupati dan Wabup Cirebon masa jabatan tahun 2008-2013 SK pengangkatan Penjabat Bupati belum terbit, sehingga dilakukan langkah antisipasi yaitu dengan penunjukkan pelaksana tugas Bupati yang dijabat Sekda Kabupaten Cirebon.

    Penunjukkan pelaksanan tugas Bupati diatur dalam UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, yang selanjutnya diubah dengan UU Nomor 12 Tahun 2008 serta PP Nomor 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah sebagaimana terakhir kali diubah dengan PP Nomor 78 Tahun 2012.

    Merujuk kepada ketentuan tersebut, dalam hal terjadi kekosongan jabatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Sekda melaksanakan tugas sehari-hari Kepala Daerah sampai dengan Presiden mengangkat Penjabat Kepala Daerah. Saat ini, SK pengangkatan Penjabat Bupati Cirebon, Daud Achmad sudah terbit yaitu SK Nomor 131.32-8049 yang disampaikan Mendagri tanggal 3 Januari 2014.

     Dengan kehadiran Penjabat Bupat, ujar Gubernur diharapkan dapat menjamin kelancaran penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Cirebon, terutama berkaitan dengan penetapan Perda tentang APBD tahun 2014 yang telah mendapat persetujuan bersama DPRD agar tidak mengalami keterlambatan serta melaksanakan tugas dan wewenang lain sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan termasuk mengawal tahapan Pemilukada Kabupaten Cirebon hingga nantinya dapat ditetapkan dan dilantik Bupati dan Wabup Definitif untuk masa jabatan 2013-2018. (Nur)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus