Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bupati Tinjau Korban Puting Beliung

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8031.jpg

    KARAWANG-Usai menghadiri kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Karawang Ke-392 Tahun Hijriah, Bupati Karawang, H. Ade Swara meninjau langsung para korban di lokasi bencana angin puting beliung di Kecamatan Cilamaya Kulon, Minggu (12/1). 

    Salah satu lokasi yang cukup parah yang ditinjau Bupati Ade Swara adalah di Dusun Kopo, Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon.

    Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ade Swara yang turut didampingi oleh Sekretaris Daerah Teddy Rusfendi Sutisna, serta Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana, Rochuyun turut memasuki langsung rumah-rumah penduduk yang rusak para akibat diterjang angin. Bupati Ade Swara sendiri langsung menginstruksikan Dinas Sosial dan PB untuk memberikan bantuan dan mengambil langkah-langkah lain yang diperlukan.

    Menurut Nawawi, yang merupakan salah seorang warga sekitar, kejadian angin puting beliung di Desa Muktijaya ini baru pertama kali terjadi di desa tersebut.  Kejadian sendiri berlangsung pada hari Jumat, menjelang magrib. Dimana hujan yang terjadi sejak sore dilanjutkan dengan munculnya angin puting beliung, yang berlangsung selama sekitar setengah jam.

    Berdasarkan perhitungan  awal yang dilakukan oleh pihak aparatur pemerintahan desa, bencana angin puting beliung tersebut melanda hampir seluruh rumah yang ada di desa tersebut. Sedikitnya 393 rumah penduduk terkena dampak angin puting beliung, dan 42 diantaranya mengalami kerusakan yang cukup parah. Selain itu, kubah dari salah satu masjid di desa tersebut bahkan turut terbang dan rusak akibat terhempas angin.

    Carsim, salah satu warga yang rumahnya roboh dan rusak parah, mengatakan bahwa dirinya memiliki harapan besar dengan kedatangan Bupati Ade Swara ke rumahnya, sehingga rumahnya dapat ditinggali kembali. Carsim sendiri bersyukur bahwa meskipun dirinya berada didalam rumah saat rumah tersebut roboh, namun dirinya tidak mengalami luka yang cukup parah.

    Di sisi lain, Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Bencana, Drs. Rochuyun, menjelaskan bahwa pihaknya akan berupaya secepat mungkin untuk melakukan penanganan bencana. Termasuk diantaranya adalah dengan menyiapkan tenda-tenda darurat guna menampung sementara masyarakat yang rumahnya tidak bisa ditinggali. “Kepala Bidang Penanggulangan Bencana pun telah turun langsung melakukan penanganan, dan saat ini tengah berada di lokasi bencana lainnya di Desa Pasirukem,” tandasnya. (@opa)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus