Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Dana Program Keluarga Harapan Cair

    https://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_8061.JPG

    CIMAHI-Warga Kota Cimahi yang masuk dalam daftar  Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM)  penerima Dana Program Keluarga Harapan (PKH)  berjajar antri untuk mencairkan dana PKH di Kantor Pos Cimahi, Jalan Jenderal Gatot Soebroto Nomor 2, Kota Cimahi, Kamis (16/1). Setiap RTSM menerima dana antara Rp 425.000 sampai Rp 925.000.

    Kepala Kantor Pos Cimahi, Mony Sulistioso menjelaskan, jumlah RTSM di Kota Cimahi yang mendapatkan dana PKH sebanyak 4.751 RTSM, terdiri dari dari sebanyak 2.051 RTSM di Kecamatan Cimahi Selatan, 1.007 RTSM di Kecamatan Cimahi Tengah dan sebanyak 1.624 RTSM di Kecamatan Cimahi Utara.

    “Penyaluran dana PKH oleh PT Pos Indonesia Cimahi dilakukan di dua tempat, yaitu di Kantor PT Pos Cimahi dan Kantor PT Pos Melong Asih. Penyaluran dilakukan semala dua hari, yaitu Rabu (15/1) dan Kamis (16/1).

    Proses pencairan dana PKH tersebut cukup mudah. Masyarakat yang termasuk RTSM penerima dana PKH datang ke kantor Pos sambil membawa foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan poto copy Kartu Keluarga (KK). Setibanya di kantor Pos, mengisi slip tabungan penarikan uang.

    Menurut Kepala Bidang Sosial Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kota Cimahi, Asep Herman, dana PKH yang diberikan tersebut merupakan dana program dari pemerintah pusat. Dana tersebut oleh RTSM harus digunakan untuk keperluan bidang kesehatan dan pendidikan. Antara lain untuk pemeriksaan ibu hamil, pemeriksaan kesehatan balita, biaya pendidikan anak SD dan biaya pendidikan anak SMP.

    Pelaksanaan penggunaan dana PKH oleh RTSM tersebut, dipantau oleh fasilitator pendamping RTSM agar digunakan sesuai dengan yang seharusnya. Setiap tiga bulan hasil pantauan dievaluasi untuk pemberian dana PKH berikutnya. Jika penggunaan dana PKH tersebut tidak sesuai dengan ketentuan, RTSM penerima dana tersebut bisa kena sanksi, antara lain bisa berupa pemotongan dana Rp 50.000 per item atau berupa penciretan sebagai RTSM penerima dana PKH.

    Berdasarkan informasi ang dihimpun jabarprov.go.id, Kamis (16/1), Program Keluarga Harapan adalah program yang memberikan bantuan tunai kepada RTSM yang memenuhi criteria tertentu. RTSM penerima program harus dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yaitu di bidang pendidikan dan kesehatan anggota keluarganya.

    Penerima bantuan dana PKH adalah RTSM yang memiliki anggota keluarga yang terdiri dari anak usia antara 0 – 15 tahun dan atau ibu hamil. Bantuan tunai hanya akan diberikan kepada RTSM yang telah terpilih sebagai peserta PKH dan mengikuti ketentuan yang diatur dalam program. Bantuan harus diterima oleh ibu atau wanita dewasa yang mengurus anak pada rumah tangga yang bersangkutan. Untuk itu, pada kartu kesepakatan PKH akan tercantum nama ibu/wanita yang mengurus anak, bukan kepala rumah tangga. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus